Main Hula Hoop Manfaatnya Sama Seperti Jalan Kaki 7 Km/Jam

Goyangan pinggul saat main hula hoop merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengurangi berat badan. Dilihat dari jumlah kalori yang terbakar, aktivitas ini setara dengan jalan kaki 7 km/jam seperti ketika sedang terburu-buru.

Dengan kecepatan tersebut, jalan kaki sudah bisa membakar energi sebanyak 210 kalori dalam waktu 30 menit. Jika bermain hula hoop memberikan manfaat yang setara, maka aktivitas ini sama efektifnya untuk membakar lemak dan melangsingkan tubuh.


Hal ini dibuktikan dalam penelitian terbaru yang dilakukan John Porcari, seorang ahli kebugaran dari University of Wisconsin-La Crosse. Dalam peneltian tersebut Porcari melibatkan 16 relawan wanita, dengan usia bervariasi antara 16 hingga 59 tahun.


Para relawan merupakan partisipan kelas koreografi hula hoop, semacam kolaborasi antara permainan hula hoop dengan seni tari. Dalam salah satu sesi, Porcari mengamati jumlah kalori yang terbakar serta denyut jantung selama 30 menit bermain hula hoop.


Selain mendapati bahwa bermain hula hoop selama 30 menit bisa membakar energi sebanyak 210 kalori, Porcari juga mengungkap bahwa detak jantung meningkat hingga 151 kali/menit. Hal ini menunjukkan bahwa hula hoop juga bisa menjaga kebugaran otot jantung.


Hasil penelitian Porcari akan dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American College of Sports Medicine yang digelar pekan ini di Denver, Amerika Serikat.


Hula hoop merupakan alat bantu kebugaran berupa lingkaran yang diputar dengan menggoyangkan pinggul. Diameter alat yang umumnya terbuat dari rotan atau plastik ini bervariasi, makin besar biasanya makin mudah dimainkan meski bobotnya juga makin berat.


Di pusat-pusat kebugaran, memainkan hula hoop biasanya termasuk dalam materi yang diberikan di kelas aerobik. Karena gerakannya konstan, bermain hula hoop sangat baik untuk menjaga kebugaran sekaligus membakar kalori terutama yang berbentuk lemak di pinggang.

sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar