Fujitsu mengembangkan konsep untuk berbagi file dengan cara lebih mudah

Sampai saat ini memang masih terus dicari cara paling mudah untuk memindahkan data dari satu media ke media lain khususnya seperti dari TV ke ponsel atau sebaliknya dan hasilnya memang belum ada yang benar-benar nyaman digunakan. Fujitsu saat ini sedang mengembangkan sebuah konsep teknologi yang menjanjikan kemudahan untuk transfer data hanya dengan bantuan sebuah kamera di ponsel.

Konsepnya, cukup arahkan ponsel kamera anda ke media seperti TV atau PC dan otomatis kita bisa mendownload atau meng-upload data dari/ ke media tersebut. Rahasianya ada pada gambar yang tidak terlihat di layar (TV, notebook atau monitor PC) yang sebenarnya merupakan alamat IP dari media yang bersangkutan.
Ketika kamera menangkap gambar yang tidak terlihat tersebut maka ponsel akan menerjemahkan gambar menjadi alamat IP kemudian akan melakukan komunikasi melalui jaringan.
Contohnya yang paling sederhana, ketika ada presentasi dan kita butuh materi presentasi tersebut maka para peserta cukup mengarahkan kamera ponsel ke layar presentasi dan otomatis peserta bisa mendownload file tersebut.

Mirip sama apa yang ditawarkan dengan PhotoBeamer, Samsung Swipeit dan Vscreens tetapi bedanya disini lebih mudah karena kita tidak perlu melakukan setting apapun.

via http://www.otakku.com/2013/01/22/fujitsu-mengembangkan-konsep-untuk-berbagi-file-dengan-cara-lebih-mudah/

Rumor: Lumia Akan Pakai Kamera 41 Megapiksel

Nokia Ponsel dengan kamera beresolusi tinggi.
Nokia sempat menghebohkan dunia smartphone pada tahun 2012. Pada saat itu, perusahaan asal Finlandia ini meluncurkan ponsel berbasis Symbian yang dilengkapi kamera dengan sensor gambar 41 megapiksel, 808 Pureview.

Hingga saat ini, sensor kamera 41 megapiksel tersebut sayangnya masih belum diaplikasikan Nokia ke ponsel-ponsel lainnya. Orang-orang pun mulai bertanya, kapan Nokia akan melakukan hal tersebut.

Pertanyaan ini tampaknya akan segera terjawab. Menurut sebuah sumber kepada situs teknologi The Verge, saat ini Nokia sedang merencanakan ponsel PureView Windows Phone. Ya, tidak lama lagi kemungkinan besar Nokia akan meluncurkan seri Lumia terbaru yang dipersenjatai oleh sensor gambar tersebut.

Seri Lumia terbaru ini masih belum memiliki nama resmi. Namun, diketahui bahwa produk tersebut memiliki nama kode EOS.

Diberitakan EOS nantinya akan masuk ke seri high-end Lumia, sejajar dengan seri teratas Lumia saat ini, 920.

Selain itu, diketahui EOS tidak akan menggunakan bahan polycarbonate yang banyak digunakan di seri-seri Lumia. Nokia lebih memilih membalut casing EOS dengan menggunakan aluminium.
Bahan aluminium ini juga tampaknya akan mulai menggantikan bahan polycarbonate di seri Lumia high-end lainnya. Bahan tersebut juga akan digunakan oleh seri selanjutnya dari Nokia Lumia 920.

Hingga saat berita ini dinaikkan, perwakilan Nokia masih belum mau berkomentar terhadap rumor tersebut.

via http://tekno.kompas.com/read/2013/01/24/14092730/Rumor.Lumia.Akan.Pakai.Kamera.41.Megapiksel

Ini dia mangkok mi khusus bagi anda yang sudah tidak bisa hidup tanpa ponsel

Sebagian orang sepertinya memang sudah tidak bisa lepas dari ponsel, kemanapun dan kapanpun pasti selalu dibawa (dan digunakan), apakah termasuk juga ketika anda makan mi instant atau ramen? Anti-loneliness ramen bowl mungkin mangkok yang sangat cocok bagi anda yang sudah tidak bisa lepas dari ponsel karena selain fungsinya sebagai mangkok mi, di bagian pinggirnya terdapat tempat untuk meletakkan ponsel, khususnya iPhone.

Dengan mangkok yang satu ini, anda bisa makan mi sekalian baca artikel atau lainnya selama memang bisa dilakukan dalam posisi vertikal. Memang sayangnya tidak bisa diposisikan dalam horisontal sehingga susah untuk bisa makan mi sambil nonton film. 
Anti-loneliness ramen bowl didisain oleh Miso Soup Design tetapi sampai saat ini masih belum dijual.
via via http://www.otakku.com/2013/01/22/ini-dia-mangkok-mi-khusus-bagi-anda-yang-sudah-tidak-bisa-hidup-tanpa-ponsel/





via http://www.otakku.com/2013/01/22/ini-dia-mangkok-mi-khusus-bagi-anda-yang-sudah-tidak-bisa-hidup-tanpa-ponsel/

SuperSpeed USB 3.0 akan mencapai kecepatan 10 Gbps

Belum ada rencana tentang USB 4.0 setelah kehadiran USB 3.0 yang punya kecepatan transfer data mencapai 4,8 Gbps tetapi kabar baiknya USB 3.0 ternyata masih bisa digenjot lebih cepat. USB 3.0 Promoter Group sedang mengembangkan kemampuan USB 3.0 sehingga nantinya kecepatan USB 3.0 akan 2x lebih cepat dibandingkan saat ini yaitu bisa mencapai 10 Gbps.

Masih menurut mereka, walaupun nanti lebih cepat, kita masih bisa menggunakan software, kabel maupun konektor yang ada saat ini tanpa harus mengganti dan membelinya yang baru. USB 3.0 dengan kecepatan 10 Gbps ini rencananya akan mulai dibicarakan dengan pihak industri pada kuartal pertama tahun ini tetapi kapan akan bisa dinikmati belum ada waktu yang pasti.

via http://www.otakku.com/2013/01/14/superspeed-usb-3-0-akan-mencapai-kecepatan-10-gbps/

YotaPhone: Ponsel Android dengan 2 layar yaitu LCD dan EPD

Memang masih menjadi dilema bagi produsen ponsel, kasih layar yang keren pastinya akan boros baterai, kasih layar yang hemat baterai banget pastinya biasanya engga enak dipandang, apalagi kalau untuk lihat foto. Yota Phone merupakan ponsel Android yang punya 2 jenis layar (depan dan belakang dengan masing-masing berukuran sama 4,3 inch) yang bisa mengatasi solusi diatas.

Ponsel Yota ini menggunakan 2 jenis layar yaitu layar utama (depan) menggunakan jenis layar LCD yang biasa digunakan ponsel saat ini sedangkan di bagian belakang menggunakan jenis EPD (electronic paper display) yang biasa digunakan pada sebuah pembaca buku digital (e-book reader). EPD yang dikenal sangat amat hemat baterai bisa digunakan ketika anda memang tidak perlu layar keren karena memang mungkin hanya sebatas untuk baca buku digital atau membaca pesan atau email sehingga kita bisa jauh lebih hemat baterai.
Uniknya disini, kita bisa menggonta-ganti layar tersebut dengan menekan menu yang ada di layar dan semua tampilan yang ada di depan (layar utama) bisa langsung ditampilkan di layar belakang kecuali memang dari sisi penampilan tidak sekeren LCD mengingat EPD hanya menampilkan warna hitam putih.
Memang ide 2 layar dan menggunakan jenis layar yang berbeda bukanlah hal baru tetapi di Yota Phone ini punya layar kedua yang besar dan kualitas EPD yang lebih baik yaitu dengan resolusi 200 dpi.
Satu lagi yang baru di Yota Phone ini, kalau anda perhatikan maka tidak terlihat tombol "home" dan lainnya di ponsel ini dan sebagai penggantinya adalah bagian bawah layar akan digunakan sebagai gesture control, misalnya geser jari anda ke kiri untuk kembali ke "home" dan sebagainya.
Dari sisi spesifikasi juga tidak masalah karena Yota menggunakan prosesor Quad Core SnapDragon S4 1,5 GHz, memori RAM 2 GB, memori internal 32 GB dan kamera depan dan belakang (2 MP dan 12 MP).
Yota Phone pastinya sangat cocok bagi anda yang suka baca buku digital di ponsel karena ini tentu akan menolong anda dalam hal penghematan baterai.
Belum ada keterangan kapan dan berapa Yota Phone ini akan dijual.
  
via http://www.otakku.com/2013/01/14/yotaphone-ponsel-android-dengan-2-layar-yaitu-lcd-dan-epd/

Foto: Seniman Ubah Lubang di Jalan Menjadi Foto Bernilai Belasan Juta Rupiah

Lubang di jalanan tidak hanya ditemui di jalanan Indonesia saja, tetapi juga di beberapa jalanan di wilayah Amerika Serikat. Umumnya jalanan berlubang membuat masalah dan kekacauan lalu lintas. Tapi, dengan sentuhan nilai seni dari Davide Luciano, lubang-lubang di jalan itu dapat menjadi foto bernilai seni yang laku dijual hingga mencapai 800 poundsterling (sekitar 12 juta rupiah).

Seniman yang berasal dari New York, AS ini mampu menyulap cacat di jalanan itu menjadi karya seni yang berisi pesan dan cerita. Ide kreatif itu muncul di benak seniman berusia 34 tahun ini, ketika dirinya berbenturan dengan lubang di jalan hampir sebesar jurang. Berikut beberapa gambar karya seni Davide yang dibuat dengan model asli dan sedikit pengeditan warna dengan menggunakan Photoshop.
Hasil Karya 1 Foto: Seniman Ubah Lubang di Jalan Menjadi Foto Bernilai Belasan Juta Rupiah
BNPS/Daily Mail
Lubang pada foto ini diceritakan seperti celah di danau, di mana seorang nelayan berhasil menangkap ikan dari dalamnya.

Hasil karya 2 Foto: Seniman Ubah Lubang di Jalan Menjadi Foto Bernilai Belasan Juta Rupiah
BNPS/Daily Mail
Model pria ini menggunakan lubang di jalan itu sebagai wadah untuk membuat minuman anggur sendiri.

Hasil Karya 3 Foto: Seniman Ubah Lubang di Jalan Menjadi Foto Bernilai Belasan Juta Rupiah
BNPS/Daily Mail
Sedangkan pada foto yang ketiga ini, ada seorang gadis yang mengejar seekor kelinci yang hendak masuk ke dalam lubang tersebut.

Hasil Karya 4 Foto: Seniman Ubah Lubang di Jalan Menjadi Foto Bernilai Belasan Juta Rupiah
BNPS/Daily Mail
Wanita ini malah menggunakan lubang di jalan itu untuk menanam bunga. Dengan demikian, lubang yang tadinya tidak indah dipandang, justru menjadi menarik.

Hasil Karya 5 Foto: Seniman Ubah Lubang di Jalan Menjadi Foto Bernilai Belasan Juta Rupiah
BNPS/Daily Mail
Masih ingat serial film “Baywatch”, yang menceritakan penjaga pantai di Los Angeles, AS? Kali ini, sang penjaga pantai terlihat berlari untuk menyelamatkan seseorang yang nyaris tenggelam dalam lubang tersebut.

Hasil Karya 6 Foto: Seniman Ubah Lubang di Jalan Menjadi Foto Bernilai Belasan Juta Rupiah
BNPS/Daily Mail
Pada foto ini diceritakan seorang atlet renang sedang mengambil ancang-ancang untuk terjun ke dalam lubang yang digambarkan sebagai kolam renang.

Hasil karya 7 Foto: Seniman Ubah Lubang di Jalan Menjadi Foto Bernilai Belasan Juta Rupiah
BNPS/Daily Mail
Pada foto yang satu ini, model tersebut berpose seperti hendak menyantap spaghetti porsi besar.
Itulah beberapa hasil karya unik ciptaan Davide, yang mengubah lubang di beberapa jalan di wilayah Amerika Serikat, seperti New York, Los Angeles, Toronto and Montreal, menjadi media untuk menyampaikan cerita. (yk)

Daily Mail

Nikon Merilis Video Proses Pembuatan Lensa-Lensa Nikkor

Pada awal 2013, Nikon merilis video sample resmi yang menunjukkan kemampuan rekam video kamera DSLR FULL-Frame D800 . Menariknya, konten video ini merupakan special movie yang menampilkan proses pembuatan lensa-lensa Nikkor yang digunakan di kamera Nikon.

Dalam 2 video yang masing-masing berdurasi tiga dan dua menit yang disiarkan di YouTube, Nikon memperlihatkan berbagai cuplikan momen unik saat lensa-lensa Nikkor diproduksi di pabrik lensa milik Nikon ini.
Berikut 2 video yang menampilkan proses pembuatan lensa-lensa Nikkor:

via http://www.jagatreview.com/2013/01/nikon-merilis-video-proses-pembuatan-lensa-lensa-nikkor/

Pluck: membuat mudah untuk urusan memisahkan kuning dan putih telur

Ibu-ibu dan bapak-bapak (yang suka masak), pastinya urusan pisahin kuning dan putih telur mungkin bukanlah hal yang sulit amat tapi coba bayangin kalau ada 100 telur yang harus dipisahin antara kuning dan putihnya. Pluck adalah alat pemisah kuning dan putih telur yang handal yang bisa mempercepat pekerjaan ini jauh lebih cepat dibandingkan manual.

Cara kerjanya sederhana mirip seperti penyedot manual yang mungkin sering kita lihat, tekan Pluck pada bagian atas kemudian dekatkan Pluck ke kuning telur dan dalam sekejap kuning telur bisa tersedot ke dalam kemudian kita bisa mengeluarkannya kembali untuk dipisahkan dari putih telur. Sangat sederhana tapi dijamin banyak yang butuh nih.
Saat ini Pluck masih cari dana agar bisa diproduksi dan dijual.

 
via http://www.otakku.com/2013/01/15/pluck-membuat-mudah-untuk-urusan-memisahkan-kuning-dan-putih-telur/

Mau Tahu Bagaimana SSD Dibuat? Berikut Video Proses Produksi SSD Milik Crucial


Salah satu produsen memori chip, RAM dan SSD ternama, Crucial, juga merilis video berdurasi 4 menit yang menceritakan bagaimana proses pembuatan produk SSD milik mereka dari tahap perancangan wafer silikon memori flash NAND yang akan digunakan hingga tahap packaging dan pengiriman produk SSD milik Crucial ini.

Didalam video ini terdapat banyak informasi yang unik dan menarik, khususnya mengenai bagaimana proses mendesign wafer silicon untuk chip memory, proses produksi wafer, perakitan wafer hingga menjadi chip memory, pengujian Quality & Control chip yang sudah diproduksi dan perakitan komponen SSD hingga menjadi produk jadi yang kita kenal sebagai storage SSD.

via http://www.jagatreview.com/2013/01/mau-tahu-bagaimana-ssd-dibuat-berikut-video-proses-produksi-ssd-milik-crucial/

Kantor di sebuah pertanian juga mulai menggunakan kontainer bekas

Banyak bangunan yang terbuat dari kontainer bekas (shipping container) mulai dari rumah, kantor, toko sampai sekolah tidak terkecuali kantor di daerah pertanian yang satu ini. Playze membuat sebuah kantor yang indah di daerah Shanghai dan uniknya kantor ini adalah kantor di sebuah pertanian, tepatnya penyedia sayur dan buah organik.

Terbuat dari beberapa kontainer bekas pakai, namanya di Cina tentu saja dalam hal tata letak dan lainnya mempertimbangkan aspek fengshui.  Di area kantor ini nantinya juga terdapat hotel yag akan dibangun dalam tahap ke-2 sehingga tamu atau siapapun bisa menginap disini.
Bagi siapapun yang ingin berkeliling, pemilik pertanian ini (namanya Tony) juga menyediakan mobil listrik.
Sebenarnya sih engga terlalu spesial juga tapi kami suka dengan bangunan kontainer yang satu ini dan berharap suatu saat mungkin bisa bangun kantor ramah lingkungan seperti ini. 
 
via http://www.otakku.com/2013/01/15/kantor-di-sebuah-pertanian-juga-mulai-menggunakan-kontainer-bekas/

Grand Theft Auto: RISE, Versi Live Action dari GTA

 
Gini nih jadinya kalo GTA dijadiin film.

Bro, yang ini asik banget nih apalagi kalo lo demen sama game superseru yang satu ini. Yap, George Karensky dan kawan-kawan ternyata abis bikin iseng-iseng bermutu dengan meracik sebuah film pendek yang merupakan hasil adaptasi dari GTA. Walopun iseng-iseng, tapi jangan salah bro, kualitasnya gak kalah sama film Hollywood bro. Lewat teknik visual yang dimirip-miripin kaya game-nya, film pendek berdurasi 6 1/2 menit ini kayanya ngebuktiin kalo dengan imajinasi dan kreativitas tuh lebih penting daripada budget.


via http://provoke-online.com/grand-theft-auto-rise-versi-live-action-dari-gta/

nb. jika video tak terlihat silakan buka http://vimeo.com/54471263

Sony Xperia Z: memang yang terbaik dari Sony saat ini

Akhirnya sebentar lagi kita bisa menikmati ponsel pintar yang bisa diajak mandi dan juga diajak menerjang banjir. Sony Xperia Z dan ZL resmi diumumkan dan harus diakui kali ini Sony benar-benar buat ponsel pintar Android yang berbeda walaupun dari sisi prosesor memang sedikit agak terlambat karena yang lainnya sudah duluan.

Xperia Z adalah yang teratas dibandingkan ZL jadi kami akan lebih fokus untuk membahas yang satu ini. - Mobile BRAVIA Engine 2
Bravia Engine 2 yang digunakan pada layar dengan Reality Display mengalami peningkatan dalam segi tingkat terang (brightness) dan kejernihan gambar dibandingkan versi pertama mereka.

- Outstanding battery life
Ini yang paling ditunggu dan berharap bukan sekedar promosi yaitu ada fitur baterai yang diberi nama STAMINA dimana diklaim oleh Sony dengan mengaktifkan fitur ini maka ketahanan baterai bisa 4x lebih lama.

Rahasianya ada pada kemampuannya untuk menutup aplikasi yang menguras baterai ketika layar tidak aktif (screen off) dan aplikasi akan di-restart ketika layar diaktifkan kembali.
- Fitur "Throw"
Sekarang jamannya berbagi layar, maksudnya disini sering kan kita ingin memperlihatkan gambar, video atau musik ke gadget lain seperti HDTV maupun komputer.

Fitur Throw disini akan memudahkan kita untuk berbagi tanpa memperdulikan koneksi apa yang dimiliki oleh perangkat lain tersebut.
Dengan menekan menu Throw, otomatis ponsel akan menampilkan daftar gadget yang bisa tersambung tanpa memperdulikan jenis koneksi yang digunakan seperti apakah Bluetooth, DLNA atau Bluetooth.
- Sertifikasi IP55 & IP57
Yang terakhir ini yang jarang dimiliki oleh ponsel pintar, setidaknya di Indonesia belum ada ponsel yang aman diguyur air sampai direndam di kedalaman maksimal 1 m selama 30 menit.

- Sensor gambar Exmor RS
Bukan hal baru hanya saja di Xperia Z ini sensor Exmor RS ini dipasang di depan dan belakang sehingga melakukan video chat juga akan lebih nyaman lagi karena gambar yang ditampilkan akan lebih baik.

- HD Voice technology
Masih ingat fitur yang satu ini yang ada di Sony Xperia T yang membuat suara percakapan lebih jelas dan jernih? Di Xperia Z ini juga ada tetapi kembali ini tergantung operator ponsel apakah mendukung fitur ini atau tidak
Berikut spesifikasi umum dari Xperia Z:
– Android OS 4.1 Jelly Bean (upgrae to 4.2)
– Prosesor 1.5 GHz Qualcomm APQ8064+MDM9215M
– Adreno 320 GPU
– Memori RAM 2 GB
– Memori internal 16 GB dan microSD sampai 32 GB
– Layar ukuran 5 inch FULL HD (1080x1920p)
– Kamera belakang 13 MP dan depan 2 MP
– LTE, UMTS HSPA+, GSM GPRS/EDGE
– GPS, Bluetooth, MHL, NFC
Kesimpulan:
Seperti kami katakan, inilah yang paling hebat yang pernah diluncurkan Sony setelah perceraiannya dengan Ericsson. 

Semoga kami bisa mereviewnya ketika diluncurkan nanti yang rencananya sih akan diluncurkan kuartal pertama 2013 ini.







  
via http://www.otakku.com/2013/01/09/sony-xperia-z-memang-yang-terbaik-dari-sony-saat-ini/

Katanya lebih enak nonton do TV OLED Samsung dengan layar sedikit melengkung

Ini nih mungkin yang dimaksud si Samsung mengenai TV dengan disain baru yaitu sebuah TV OLED dengan layar berbentuk sedikit melengkung (Curved OLED TV) dan bukan rata seperti TV yang ada saat ini. Apa manfaatnya? Menurut Samsung ada 2 kelebihan dengan punya bentuk TV sedikit melengkung (curved).

Pertama, menonton akan tetap nyaman walaupun posisi duduk anda tidak tepat berada di tengah-tengah karena bentuknya yang sedikit melengkung akan menampilkan gambar yang optimal dari semua sudut. Kedua, kalau lagi lihat gambar pemandangan, efeknya akan berbeda bila dilihat di TV berlayar datar, rasanya (katanya) seperti dikelilingi dengan indahnya gambar pemandangan yang ada.
Sejauh ini TV dengan layar melengkung ini masih sebatas dipamerkan di CES 2013 dan belum ada keterangan pasti kapan akan dijual.

via http://www.otakku.com/2013/01/11/katanya-lebih-enak-nonton-do-tv-oled-samsung-dengan-layar-sedikit-melengkung/