Apple Kewalahan di India Karena Samsung Mampu Tayangkan Iklan di TV Tiap 15 Menit

Apple Kewalahan di India Karena Samsung Mampu Tayangkan Iklan di TV Tiap 15 Menit

Apple tampaknya kurang populer di India. Di negara Bollywood yang jumlah penduduknya sekitar 1 miliar jiwa tersebut, jumlah konsumen yang diperkirakan mampu membeli produk-produk buatan Apple kemungkinan hanya sekitar 60 juta saja. Hal tersebut diungkapkan oleh Trip Chowdhry, seorang analis dari Global Equities Research.

Lebih jauh lagi, Chowdry menjelaskan bahwa saat ini India hanya memiliki 4 buah Apple Store yang dijuluki sebagai iWorld. Apple secara undang-undang memang tidak diperbolehkan untuk mendirikan toko ritel di negara tersebut, karena tidak memiliki pabrik di India. Posisi Apple di India masih kalah dari BlackBerry dan Samsung yang saat ini dianggap sebagai merk elit. Sekalipun iPhone merupakan produk yang populer, namun jumlah penggunanya sangatlah kecil.

Keunggulan Samsung dan BlackBerry tersebut diperoleh lantaran keduanya aktif dalam mengiklankan brand mereka sebagai brand elit, dan hal inilah yang membuat para konsumen di India seperti ‘diperbudak’ untuk terus-terusan membeli produk mereka. Dari sisi iklan, seseorang di India rata-rata bisa melihat sebuah iklan Samsung ditayangkan di televisi setiap 15 menit. Bandingkan dengan Apple yang hanya menayangkan iklan ketika mereka merilis sebuah iPhone baru.

Selain suksesnya kesan elit yang tertanam di benak mereka, para konsumen juga cenderung berpikir bahwa dengan membeli sebuah produk Samsung, mereka pada dasarnya telah membeli sebuah produk yang setara dengan iPhone, tapi dengan harga yang lebih murah.

Sebagai penutup, Chowdry menekankan bahwa sekalipun 60 juta orang tersebut merupakan jumlah yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan total populasi di India yang mencapai 1 miliar jiwa, namun angka 60 juta jiwa juga setara dengan total populasi di Inggris.

via http://android.gopego.com/2013/05/apple-kewalahan-di-india-karena-samsung-mampu-tayangkan-iklan-di-tv-tiap-15-menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar