Update BlackBerry 10.2 Bakal Kompatibel Dengan Aplikasi Android 4.2.2

Update BlackBerry 10.2 Bakal Kompatibel Dengan Aplikasi Android 4.2.2
Peluncuran BlackBerry 10 di awal tahun 2013 telah menjadi simbol kebangkitan BlackBerry, dan perusahaan asal Kanada tersebut tak mau berhenti sampai di situ saja. Jika sebelumnya BlackBerry meluncurkan Playbook OS 2.0 dengan maksud menghadirkan kompatibilitas untuk aplikasi yang dikembangkan bagi Android 2.3.3, BlackBerry kini siap memperbarui dukungan tersebut agar BlackBerry OS kompatibel dengan Android 4.2 Jelly Bean.

Dukungan tersebut akan dihadirkan via update BlackBerry 10.2. Lompatan ini terbilang sangat besar, karena Gingerbread 2.3.3 menggunakan API level 10, sedangkan Jelly Bean 4.2.2 menggunakan API level 17. Beberapa fitur yang siap hadir lewat update ini meliputi Fragments (termasuk Nested Fragments terbaru), hardware acceleration, peningkatan kualitas animasi, control serta tipe layout baru, App Stack Navigation, dan masih banyak lagi.
Lompatan tersebut akan menandai proses evolusi Android selama 2 tahun terakhir. Sayangnya update ini masih belum akan menghadirkan dukungan untuk fitur seperti widget, notifikasi, serta akses untuk sejumlah fitur di dalam hardware.

Perlu dicatat bahwa aplikasi-aplikasi Android tersebut juga masih harus dikonversi agar kompatibel dengan BlackBerry OS. Proses tersebut tampaknya sudah familiar bagi para developer yang aktif dalam ajang port-a-thon akhir tahun lalu. Versi terbaru dari plugin Eclipse sert SDK yang dibutuhkan telah tersedia di portal developer BlackBerry, termasuk firmware 10.2 beta untuk Dev Alpha B, Dev Alpha C, Z10, serta Q10.

Langkah ini dinilai sebagai sebuah langkah yang sangat tepat untuk BlackBerry. Sekalipun mereka mencatat sejumlah hasil yang positif pada kuartal pertama tahun ini, namun basis pengguna BlackBerry 10 terus mendambakan kehadiran aplikasi-aplikasi yang berkualitas. Dukungan dari BlackBerry ini jelas akan mempermudah kerja para developer yang tak ingin kesulitan dalam memporting aplikasi mereka yang sudah final agar kompatibel dengan BlackBerry OS.

via http://android.gopego.com/2013/06/blackberry-os-10-2-bakal-kompatibel-dengan-aplikasi-android-4-2-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar