Ibarat gadis, Asia dianggap benua paling cantik saat ini
sebagai pusat pertumbuhan ekonomi global. Bagaimana posisi Indonesia?
Menurut pakar pemasaran Hermawan Kertajaya, Indonesia adalah ibarat
gadis cantik dengan penampilan baru dan lebih segar.
Asia paling cantik di tingkat global saat ini. Sementara Indonesia
adalah new pretty woman in Asia, kata CEO dan Founder MarkPlus Inc
Hermawan Kartajaya, dalam acara MarkPlus Conference 2012 , di Jakarta,
Kamis (15/12/2011) .
Indonesia, menurut Hermawan, adalah negara yang dinaungi
keberuntungan. Tidak sekedar disyukuri, hal itu harus dimanfaatkan
karena saat inilah momentum bagi Indonesia untuk tidak hanya tumbuh,
tapi mencapai pertumbuhan yang berkualitas.
PDB per kapita kita akan meningkat dari 3.000 menjadi 3.500 dollar
AS. Ini momentum bagi marketer. Indonesia jangan kehilangan momentum
ini. Kita punya 140 juta anak muda dengan 55 juta netizen yang akan
terus bertambah, kata Hermawan.
Semua mata saat ini tengah menunggu realisasi dari penyelesaian
krisis utang di Eropa yang berkepanjangan. Ada tiga scenario menurut
Hermawan. Pertama, tahun depan kondisi Eropa tetap seperti saat ini
alias belum menemukan penyelesaian komprehensif. Kedua, lebih buruk. Dan
ketiga, menemukan resep yang jitu dan membaik.
“Kita tidak terlalu menggantungkan diri pada ekspor, sehingga ketika
negara lain pertumbuhannya turun bahkan minus, kita tetap bisa relatif
stabil dengan dukungan konsumsi domestik,” kata Hermawan.
Namun, di a mengingatkan sejumlah masalah dasar yang harus
dihilangkan. Tanpa penyelesaian, momentum akan lewat dan kita tidak
mendapatkan hasil optimal. Masalah dasar itu adalah di bidang
operational excellence, product leadership, dan customer intimacy.
via : http://goodnewsfromindonesia.org/2011/12/15/gadis-paling-cantik-di-asia/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar