Apple tampaknya kurang populer di India. Di negara Bollywood yang
jumlah penduduknya sekitar 1 miliar jiwa tersebut, jumlah konsumen yang
diperkirakan mampu membeli produk-produk buatan Apple kemungkinan hanya
sekitar 60 juta saja. Hal tersebut diungkapkan oleh Trip Chowdhry,
seorang analis dari Global Equities Research.
Lebih jauh lagi, Chowdry menjelaskan bahwa saat ini India hanya
memiliki 4 buah Apple Store yang dijuluki sebagai iWorld. Apple secara
undang-undang memang tidak diperbolehkan untuk mendirikan toko ritel di
negara tersebut, karena tidak memiliki pabrik di India. Posisi Apple di
India masih kalah dari BlackBerry dan Samsung yang saat ini dianggap
sebagai merk elit. Sekalipun iPhone merupakan produk yang populer, namun
jumlah penggunanya sangatlah kecil.
Keunggulan Samsung dan BlackBerry tersebut diperoleh lantaran
keduanya aktif dalam mengiklankan brand mereka sebagai brand elit, dan
hal inilah yang membuat para konsumen di India seperti ‘diperbudak’
untuk terus-terusan membeli produk mereka. Dari sisi iklan, seseorang di
India rata-rata bisa melihat sebuah iklan Samsung ditayangkan di
televisi setiap 15 menit. Bandingkan dengan Apple yang hanya menayangkan
iklan ketika mereka merilis sebuah iPhone baru.
Selain suksesnya kesan elit yang tertanam di benak mereka, para
konsumen juga cenderung berpikir bahwa dengan membeli sebuah produk
Samsung, mereka pada dasarnya telah membeli sebuah produk yang setara
dengan iPhone, tapi dengan harga yang lebih murah.
Sebagai penutup, Chowdry menekankan bahwa sekalipun 60 juta orang
tersebut merupakan jumlah yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan
total populasi di India yang mencapai 1 miliar jiwa, namun angka 60 juta
jiwa juga setara dengan total populasi di Inggris.
via http://android.gopego.com/2013/05/apple-kewalahan-di-india-karena-samsung-mampu-tayangkan-iklan-di-tv-tiap-15-menit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar