BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan
dunia pendidikan saat ini sangat pesat dan ditunjang dengan teknologi
yang modern, terutama dalam metode pengajaran dan penyampaian materi
pembelajaran. Untuk membuat siswa-siswi sekolah dasar tertarik untuk
memperhatikan, penulis membuat CD interaktif ini terlihat menarik dan
pengemasan yang berbeda. Sehingga siswa-siswi sekolah dasar mampu
mengambil ilmu yang dikemas menarik.
Di
dalam CD interaktif ini penulis membahas tentang kebudayaan yang ada di
indonesia, terutama yang ada di daerah Bali. Penulis mengangkat
kebudayaan, adat istiadat yang ada di daerah Bali. Bali memiliki banyak
sekali kebudayaan yang menarik untuk dipelajari. Dengan kebudayaan yang
masih kental, bali mampu menyatukan dunia modern dan tradisional.
Berdasarkan
hal tersebut di atas, penulis tertarik untuk membuat ensiklopedia
kebudayaan Bali yang disertai permainan animasi. Untuk mempermudah
pembuatan aplikasi, maka penulis menggunakan program multimedia
menggunakan Macromedia Flas , karena program tersebut dirasakan cocok
dengan pengaplikasiannya serta mudah dalam penggunaannya.
1.2 Ruang Lingkup
Dalam
CD interaktif kebudayaan bali, penulis akan mengenalkan kebudayaan dari
daerah Bali, seperti pakaian adat, tarian adat, rumah adat, senjata
tradisional, objek wisata dan peta yang mencirikan kekhasan dari Bali.
Untuk menarik perhatian anak-anak, penyampaian dilakukan dengan animasi
dan menarik sehingga tidak membosankan untuk anak-anak. CD interaktif
ini ditujukan untuk anak sekolah dasar, terutama dari kelas 2 sampai
kelas 4 sekolah dasar.
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan
dari penulisan ilmiah ini yaitu membuat CD interaktif pembelajaran yang
diperuntukan untuk anak sekolah dasar dengan langkah-langkah yang
diperlukan menggunakan program Adobe Flash professional CS5 dengan
software pendukung Adobe Photoshop CS4 dan Corel Videostudio.
1.4 Metode Penelitian
Dalam
penulisan ilmiah ini penulis menggunakan metode penulisandari studi
pustaka, dan melalui informasi yang diperoleh dari berbagai sumber
sesuai dengan permasalahan yang diangkat untuk menyelesaikan penulisan
ini. Spesifikasi kebutuhan yang diperlukan dalam metode ini adalah :
Spesifikasi Software :
- Adobe Flash Professional CS5.
- Photoshop CS4.
- Corel Vediostudio
Spesifikasi Hardware
- Intel(R) Core(TM) i5-2430M CPU 2.40 GHz 2.40GHz .
- 4.00 GB yang tersedia ruang hard-disk untuk instalasi, ruang kosong tambahan diperlukan selama instalasi.
- 64-bit Operating System.
- DVD-ROM .
Peralatan :
- Printer
- Microfon
- Komputer
1.5 Sistematika Penulisan
Untuk
mempermudah pembaca dalam membaca dan mengartikan penulisan ini, juga
supaya dapat terlihat hubungan antara satu dengan yang lainnya, maka
diperlukan sistematika penulisan yang berurutan secara garis besarnya.
Dengan demikian diharapkan supaya pembahasan selanjutnya tidak
menyimpang dari pembahasan sebelumnya. Adapun penyajian penulisan ilmiah
ini disusun secara sistematis dalam empat bab.
Bab
I yaitu Pendahuluan, meliputi latar belakang, ruang lingkup, tujuan
penulisan, metode penelitian serta sistematika penulisan.
Bab II yaitu Landasan Teori, Pada
bab ini penulis akan membahas mengenai teori-teori game yang
berhubungan dengan Adobe Flash CS5, Adobe Photoshop CS5, dan edit video.
Mulai dari teori pembuatan cd interaktif kebudayaan.
Bab
III yaitu Pembahasan, dalam bab ini membahas tentang perancangan video
animasi pendidikan kebudayaan/ adat istiadat , bagaimana proses
pembuatan dan spesifikasi , serta langkah-langkah
pembuatan game tersebut, langkah pembuatan animasi, rancangan
input/output, dan spesifikasi hardware dan software.
Bab
IV yaitu Penutup, pada bab terakhir terdiri atas kesimpulan dan saran.
Dimana nantinya diharapkan video animasi ini dapat berguna bagi penulis,
pemaca, pengamat, dan juga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semua
sebagai pengetahuan untuk menambah wawasan.
referensi
http://wonecay.blogspot.com/2012/04/tugas-softskill-2-proposal-penulisan.html
wikipedia.com
Nama : Rayi Dwiky Putra
NPM : 15110687
Kelas : 3KA20
Tidak ada komentar:
Posting Komentar