JetBlue menjadi pesawat pertama yang memperbolehkan penumpang mengaktifkan gadget selama pejalanan

Per 1 November kemarin, perusahaan penerbangan JetBlue dari Amerika resmi menjadi perusahaan penerbangan pertama yang memperbolehkan seluruh penumpangnya tetap mengaktifkan gadget mulai dari awal (masuk pesawat) sampai akhir (turun dari pesawat).

Dengan adanya ijin seperti ini berarti kita tidak perlu mematikan gadget (notebook, music player dan lainnya) ketika pesawat akan tinggal landas maupun akan mendarat. Tapi jangan lupa, untuk ponsel masih tetap tidak boleh loh dinyalakan sinyal 3Gnya, anda boleh menyalahkan dalam posisi "Airplane Mode" saja.
Foto diatas adalah foto yang diambil oleh Morgan Johnston (JetBlue Corporate Communications Manager) untuk mengabadikan perjalanan pertama mereka yang memperbolehkan seluruh penumpang mengaktifkan gadget selama perjalanan.
Selain JetBlue, perusahaan penerbangan Amerika Delta juga mendapatkan ijin yang sama sama dari FAA untuk memperbolehkan penumpangnya menyalakan gadget setiap saat.

Ingat nih, berlaku hanya ketika naik pesawat JetBlue dan Delta, jadi kalau naik pesawat Indonesia masih tetap belom boleh dan jangan sekali-kali yah menampar pramugarinya hanya karena engga boleh nyalain gadget, apalagi menelpon segala. 

via http://www.otakku.com/2013/11/05/jetblue-menjadi-pesawat-pertama-yang-memperbolehkan-penumpang-mengaktifkan-gadget-selama-pejalanan/

4 aplikasi Android yang menurut kami sangat berguna (by Otakku)

Ketemu arikel tentang 41 aplikasi Android yang sangat berguna di The Next Web tapi kami, Otakku setidaknya merada dari 41 buah aplikasi yang ada, ada 4 buah yang kami paling suka karena sangat berguna banget bagi penggunaan sehari-hari. Mau tahu apa saja 4 aplikasi yang menurut kami sangat berguna?
Kalian bisa klik gambar dengan tulisan "install" untuk menginstal aplikasi yang diinginkan.

- Clipper – Clipboard Manager
Bagi yang sering copy-paste tulisan ketika sedang browsing atau kerja pasti seringkali mengalami harus melakukan beberapa kali copy-paste hal yang sama karena memang fitur copy-paste yang ada hanya bisa menyimpan tulisan terakhir.
Clipper – Clipboard Manager berfungsi untuk menyimpan hasil copy-paste sebanyak 20x hasil copy terakhir sehingga ketika kita membutuhkan apa yang sudah kita copy sebelumnya bisa diambil dari aplikasi ini tanpa harus melakukan copy kembali. Hasil 20 copy-paster terakhir akan muncul di daftar dan kalau dibutuhkan kita bisa meng-edit tulisan tersebut.
Selain itu, ada juga fitur snippet yang bisa kita gunakan untuk menyimpan kata atau kalimat yang sering kita gunakan, misalnya saja alamat email, alamat rumah dan lainnya.
- Shush!
Berapa sering kita lupa mengaktifkan nada dering setelah sebelumnya kita matikan karena mungkin lagi meeting atau lainnya?
Alhasil, karena nada dering tidak aktif walaupun kita sudah selesai meeting, mungkin saja anda kehilangan order milyaran rupiah hanya karena telpon dari pelanggan besar anda tidak diangkat. :-)
Aplikasi Shush! bisa mengatasi masalah diatas karena aplikasi ini mampu mengaktifkan nada dering secara otomatis dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Shush! akan otomatis aktif ketika kita menurunkan tingkat volume sampai NOL dan otomatis alikasi Shush! akan muncul meminta kita untuk berapa lama nada dering ini dimatikan, kita bisa memilih mulai dari 15 menit sampai 24 jam.
Kalau memang kita mau mematikan nada dering sampai waktu yang tidak ditentukan, kita cukup menekan menu "Keep it off" seperti yang terlihat pada gambar diatas.
- Screen Filter
Di ponsel pintar memang telah disediakan menu untuk mengatur tingkat terang (brightness) untuk layar tetapi kebanyakan fitur ini tidak tertalu berguna ketika kita mencoba meredupkan layar walaupun sampai ke level maksimal.
Alhasil ketika kita menggunakan ponsel dalam keadaan gelap, tetap saja terlihat menyilaukan dan membuat mata tidak nyaman.
Aplikasi Screen Filter berfungsi untuk lebih membuat layar terlihat lebih redup (gelap) dibandingkan fitur yang sudah ada. Aplikasi ini seperti menambahkan lapisan film tambahan untuk membuat layar terlihat lebih gelap dan tingkat gelapnya sendiri bisa kita atur sesuai keinginan.
Coba deh, dijamin Screen Filter membuat mata lebih nyaman ketika anda menggunakan ponsel di tempat gelap.
- Rotation Lock Adaptive
Sering banget kita dibuat kesal dengan fungsi "auto rotate" yang ada di ponsel karena ketika kita sedang enak-enaknya baca atau browsing mendadak posisi layar berganti hanya karena tangan kita bergerak sedikit.
Akhirnya kita harus menggerakkan ponsel untuk membuat posisi layar berganti dari horisontal ke vertikal atau sebaliknya. Kesal kan?

Mau dimatikan fitur "Auto Rotate"? Kami yakin ini lebih tidak nyaman karena fitur ini memang sering kita butuhkan juga dan agak repot kalau harus masuk ke menu hanya untuk mengganti posisi layar.
Aplikasi Rotation Lock Adaptive berfungsi untuk memberikan pilihan dalam hal mengganti posisi layar secara otomatis. Aplikasi ini akan memunculkan sebuah icon (lihat gambar kanan atas) untuk mengganti posisi layar setiap saat ponsel berubah posisi.
Posisi layar tidak akan berubah sebelum kita menekan icon yang ada sehingga dengan begini kita bisa mengurangi layar berubah posisi (horisontal ke vertikal atau sebaliknya) tanpa sengaja.
Semoga 4 buah aplikasi yang menurut Otakku berguna juga bisa berguna bagi para pembaca dan tentu saja masih banyak aplikasi berguna lainnya tetapi tentu ini tergantung kebutuhan juga sih.
PS>>
Semua aplikasinya GRATIS tapi ada juga versi yang berbayar yang memberikan fungsi lebih banyak.

- Via: http://www.otakku.com/2013/10/31/4-aplikasi-android-yang-menurut-kami-sangat-berguna-by-otakku/#sthash.XOUvQuuR.dpuf

Dampak Positif dan Negatif dari Jejaring Sosial

     Beberapa puluh tahun lalu kita sempat takjub dengan televisi yang bisa membagi informasi gambar bergerak ke seluruh pelosok negeri. Kini zaman telah berubah setiap orang bisa berbagi gambar bergerak kepada yang lainya, setiap orang bisa berbicara dan saling melihat lawan bicaranya secara langsung dimanapun ia berada.
     Teknologi informasi yang berbasis internet telah berkembang pesat di indonesia, produk berbasis internet yang paling di gemari saat ini adalah situs jejaring social berupa facebook dan twitter. Dengan layanan situs jejaring sosial ini kita dapat berkomunikasi dengan teman-teman baru maupun lama dari belahan dunia manapun. Arus perkembangan teknologi ini bagaimana pun tak akan bisa kita bendung, sebagian besar anak dan remaja saat ini telah familiar dengan berbagai situs jejaring sosial tersebut, tidak saja anak dan remaja kota, bahkan anak-anak di pedesaan pun kini telah berangsur-angsur mulai menggunakan jejaring sosial tersebut. Berkembang pesatnya situs jejaring sosial tersebut tentu saja punya dampak positif dan juga negatif, oleh karena itu penting untuk di buat suatu sistem pengawasan dan bimbingan bagi mereka agar dampak negatif nya dapat di hindari dan dampak positif nya semakin di rasakan.
     Tugas mengawasi dan membimbing itu tentu saja bukan tugas guru di sekolah semata, orang tualah yang seharusnya berperan dalam pengawasan dan bimbingan bagi anak-anaknya. Untuk pedoman pengawasan tersebut tentu saja para orang tua dan para anak dan remaja itu sendiri mengetahui apa saja dampak positif dan negatif situs jejaring sosial tersebut. Untuk itu di bawah ini akan saya sebutkan beberapa dampak negatif dan positif pemanfaatan situs jejaring social tersebut.

A .Dampak positif jejaring sosial
1. Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan social yang sangat di butuhkan di zaman digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan public dan mengelola jaringan pertemanan.

2. Memperluas jaringan pertemanan, anak dan remaja akan menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia, meski sebagian besar diantaranya belum pernah mereka temui secara langsung.

3. Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena di sini mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.

4. Situs jejaring social membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati, misalnya memberi perhatian saat ada teman mereka yang ulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.

5. Internet sebagai media komunikasi : merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

6. Media pertukaran data : dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

7. Media untuk mencari informasi atau data : perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.

8. Kemudahan memperoleh informasi : kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.

9. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan : Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena dapat di lakukan lewat internet.


B. Dampak Negatif jejaring sosial
1. Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan tentang seluk beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahas tubuh dan nada suara, menjadi berkurang.

2. Situs jejaring social akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan anak menjadi kurang berempati di dunia nyata.

3. Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di jejaring social. Hal ini akan membuat mereka semakin sulit membedakan anatara berkomunikasi di situs jejaring social dan dunia nyata. Hal ini tentunya akan mempengaruhi keterampilan menulis mereka di sekolah dalam hal ejaan dan tata bahasa.

4. Situs jejaring social adalah lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru di kenal anak kita di internet, menggunakan jati diri yang sesungguhnya.

5. Pornografi : Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home page yang dapat di akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.

6. Penipuan : Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.

7. Carding : Karena sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.

8. Perjudian : Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.

Secara garis besar dampak negatif internet adalah :
Ø Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
Ø Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
Ø Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang). 

Ø Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

Referensi:
http://ilmubloggersyahdan.blogspot.com/2013/08/dampak-positif-dan-negatif-dari.html
http://socialmediaexaminer.com
http://mombizcoach.com
www.educational-psychologist.co.uk

Nama   : Rayi Dwiky Putra
NPM    : 15110687
Kelas    : 4KA20


Pemanfaatan Telematika Dalam Berbagai Bidang

     Telematika sudah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, bahkan menjadi komoditas industri, bisnis informasi, media dan telekomunikasi. Perubahan (kemajuan) dalam teknologi telematika telah mentransformasikan pola ekonomi, pola hidup dan cara melakukan bisnis secara signifikan. Pemanfaatan internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi bisnis dan memberikan kemudahan dalam melakukan diversifikasi kebutuhan. Pemanfaatan internet dalam e-Government juga telah terbukti dapat meningkatkan kinerja pemerintah didalam penyediaan informasi dan penyelenggaraan layanan kepemerintahan kepada masyarakat dan kalangan bisnis.
     Pemanfaatan internet dalam e-Health, e-Education, dan lain-lain secara nyata telah memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Pengaruh lebih jauh perkembangan telematika berimplikasi pada transformasi pola ekonomi yang semula berorientasi pada “Supplier” kearah “Konsumen”. Konsumen secara mudah dapat melakukan pencarian dan perbandingan untuk mendapatkan produk berkualitas tinggi dan dengan harga kompetitif. Perkembangan telematika juga mempengaruhi pola dan fungsi pemerintah, dari semula bersifat memiliki, mengembangkan dan mengoperasikan industri, berubah menjadi penentu kebijakan, pemberi regulasi, pemantau dan pendorong perkembangan sektor industri

Peran Telematika

* Sebagai bidang usaha (Telematika menjadi core bisnis)
a. Industri
b. Perdagangan
c. Jasa

* Sebagai penunjang usaha (Telematika sebagai enabler) :
a. Efisiensi
b. Peningkatan daya saing


Kegunaan Telematika untuk UKM
Industri :
-. Industri Hardware
-. Industri Software

Perdagangan :
-. Grosir Telematika
-. Eceran Telematika

Jasa / Service :
-. Lembaga Pendidikan (sekolah kejuruan, kursus-kursus)
-. Jasa Multimedia (Warnet, Wartel, Game Center, Penyelenggara VOIP)
-. Internet Service Provider
-. Konsultan Telematika

Peluang Bisnis Hardware
a. Jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar merupakan potensi pasar cukup besar bagi industri hardware telematika.
b. Sebagian besar potensi tersebut menjadi pasar produk luar negeri, karena belum diimbangi hasil produk dalam negeri yang memadai
c. Kebutuhan industri perangkat keras yang relatif padat modal menjadikan produk telematika masih sangat tergantung kepada produk impor
d. Sulit bagi Indonesia untuk bersaing secara global dalam industri hardware telematika, kecuali untuk komponen tertentu, misalnya casing dekstop

Peluang Bisnis Software
a Potensi pengembangan produk dan pasar yang sangat besar belum dimanfaatkan dengan baik, padahal pengembangan industri software telematika di dalam negeri akan mampu memperluas lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat
b Lemahnya standardisasi dan sertifikasi produk piranti lunak dalam negeri menyebabkan kualitas produk beragam yang membingungkan konsumen
c Mengurangi ketergantungan pada piranti lunak import akan sangat berarti dalam meningkatkan kemampuan nasional untuk memanfaatkan telematika (khususnya untuk UKM)
d Kelemahan Hukum dan Perundangan serta ketidak relaan membayar lisensi dengan biaya mahal, menyebabkan tingginya tingkat pelanggaran HAKI di Indonesia

Kiat Berhasil Usaha Telematika
-. Siap bersaing secara ketat
-. Siap melakukan inovasi secara terus menerus
-. Mampu beradaptasi secara cepat terhadap perubahan
-. Memiliki SDM dengan pengetahuan dan ketrampilan khusus sesuai dengan bidang usaha

Telematika Sebagai Penunjang Usaha
a.  Kata kunci dalam peningkatan kapasitas UKM yaitu efisiensi serta peningkatan daya saing
b. Telematika menjadi salah satu komponen utama dalam efisiensi dan peningkatan daya saing, sebagai contoh :
- Dengan “internet” dapat memiliki akses langsung ke sumber informasi dan pasar
- Dengan aplikasi keuangan dapat mengelola administrasi usaha secara baik
- Dengan aplikasi produksi meningkatkan efisiensi dan mutu
- Dengan email meningkatkan kemudahan berkomunikasi dengan mitra usaha dan pelanggan
dari beberapa sumber

     Ragam bentuk telematika yang di sajikan merupakan apilkasi yang sudah berkembang di berbagai sektor kehidupan sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi tumpang tindih. Semua kegiatan work and play dapat menggunakan teknologi telematika sebagai penunjang kinerja semua usaha di semua sektor kehidupan baik dalam sektor ekonomi, sosial dan budaya. Bentuk-bentuk tersebut adalah sebagai berikut :

E-Goverment
     E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI). TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori program aksi dan inisiatif untuk menigkatkan perkembangan dan pendayagunaan teknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan memantau pelaksanaannya. Tim tersebut memiliki beberapa terget. Salah satu targetnya adalah pelaksanaan pemerintahan online atau e-goverment dalam bentuk situs/web internet. Dengan e-goverment, pemerintah dapat menjalankan fungsinya melalui sarana internet yang tujuannya adalah memberi pelayanan kepada publik secara transparan sekaligus lebih mudah, dan dapat diakses (dibaca) oleh komputer dari mana saja. E-goverment juga dimaksudkan untuk peningkatan interaksi, tidak hanya antara pemerintah dan masyarakat, tetapi juga antar sesama unsur pemerintah dalam lingkup nasional, bahkan intrernasional. Pemerintahan tingkat provinsi sampai kabupaten kota, telah memiliki situs secara online. Contohnya adalah DPR, DKI Jakarta, dan Sudin Jaksel. Isi informasi dalam e-goverment, antara lain adalah profil wilayah atau instansi, data statistik, surat keputusan, dan bentuk interaktif lainnya.

E-Commerce
     Prinsip e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, samapi membuat claim. Luasnya wilayah e-commerce ini, bahkan dapat meliputi perdagangan internasional,

menyangkut regulasi, pengiriman perangkat lunak (software), erbankan, perpajakan, dan banyak lagi. E- commerce juga memiliki istilah lain, yakni e-bussines. Contoh dalam kawasan ini adalah toko online, baik itu toko buku, pabrik, kantor, dan bank (e-banking). Untuk yang disebut terakhir, sudah banyak bank yang melakukan transaksi melalui mobile phone, ATM (Automatic Teller Machine – Anjungan Tunai Mandiri) , bahkan membeli pulsa.

E-Learning
     Globalisasi telah menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Di Indonesia sudah berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (distance learning) dengan media internet berbasis web atau situs. Kenyataan tersebut dapat dimungkinkan dengan adanya tekhnologi telematika, yang dapat menghubungkan guru dengan muridnya, dan mahasiswa dengan dosennya. Melihat hasil perolehan belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, dan mengirim naskah tugas pun dapat dilakukan secara online baik lewat blog masing-masing maupun lewat situs kampus.
     Peranan web kampus atau sekolah termasuk cukup sentral dalam kegiatan pembelajaran ini. Selain itu, web bernuansa pendidikan non-institusi, perpustakaan online, dan interaksi dalam group, juga sangatlah mendukung. Selain murid atau mahasiswa, portal e-learning dapat diakses oleh siapapun yang memerlukan tanpa memandang usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Hampir seluruh kampus di Indonesia, dan beberapa Sekolah Menegah Atas (SMA), telah memiliki web. Di DKI Jakarta, proses perencanaan pembelajaran dan penilaian sudah melalui sarana internet yang dikenal sebagai Sistem Administrasi Sekolah (SAS) DKI, dan ratusan web yang menyediakan modul-modul belajar, bahan kuliah, dan hasil penelitian tersebar di dunia internet sealin itu biasanya web-web kampus/sekolah memiliki perpustakaan elektronik yang berisi arsip-arsip/ referensi-referensi buku yang dibutuhkan oleh mahasiswa, sehingga mereka dapat mengaksesnya dengan mudah.

Ensiklopedia

  Sebagian perusahan yang menjajakan ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga diharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tapi juga video, audio, tulisan dan gambar, dan bahkan gerakan. Dan data informasi yang terkandung dalam ensklopedia juga telah mulai tersedia di internet. Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka data dan informasi yang terkandung dalam ensiklopedi elektronik dapat diperbaharui.

Video Telenconference
     Keberadaan teknologi ini memungkinkan siswa atau mahasiswa dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan, saling mengenal bangsa di dunia. Teknologi ini dapat digunakan sebagai sarana diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan pembelajaran yang berfungsi menumbuhkan kepercayaan diri dan kerjasama yang bersifat sosial.  Banyak faktor yang mempengaruhi dilaksanakan atau tidaknya potensi teknologi telematika. Faktor utama, menurut Miarso (2004) adalah adanya komitmen politik dari para pengambil kebijakan dan ketersediaan para tenaga terampil. 
   Bentuk telematika lainnya masih banyak lagi, antara lain ada e-medicine, e-laboratory, e-technology, e-research, dan ribuan situs yang memberikan informasi sesuai bidangnya. Di luar berbasis web, telematika dapat berwujud hasil dari kerja satelit, contohnya ialah GPS (Global Position System), atau sejenisnya seperti GLONAS dan GALILEO, Google Earth, 3G, dan kini 4G, kompas digital, sitem navigasi digital untuk angkutan laut dan udara, serta teleconference.


Referensi :
http://ade-sanjaya.blogspot.com/2011/10/pemanfaatan-telematika.html
http://wyoeholic.wordpress.com/2010/10/10/penerapan-telematika-di-indonesia/




Nama   : Rayi Dwiky Putra
NPM    : 15110687
Kelas    : 4KA20

Google Helpouts, belajar atau bertanya dari seseorang dengan video chat

Walaupun melalui internet kita bisa menemukan apa yang kita cari mulai dari tulisan, gambar sampai video tetapi tentu saja ada beberapa hal yang sepertinya lebih baik kalau kita bertemu muka secara langsung untuk belajar atau menanyakan sesuatu. Google Helpouts merupakan layanam baru dari Google yang menawarkan kita untuk bisa belajar atau bertanya sesuatu kepada orang yang cukup ahli di bidangnya secara langsung dan "live" melalui video chat.

Sederhananya seperti ini, ketika anda ingin belajar photography, anda bisa mencari seseorang di Helpouts yang bisa membantu anda melalui video chat. Kita bisa melakukan video chat dengan orang tersebut kemudian bertanya apa saja yang berhubungan dengan photography, cara ini tentu lebih baik dibandingkan anda mencari artikel atau video karena kalau video chat kan sifatnya lebih interaktif dan bukan satu arah.
Di Helpouts sendiri sudah mulai ada beberapa kategori yang ditawarkan mulai dari Art & Music, Computers dan lainnya.
Apakah ini gratis? Sebagian ada orang yang menawarkan bantuan secara gratis tetapi banyak juga yang menawarkan bantuan dengan harus membayar sejumlah uang.
Untuk yang berbayar, semua uang harus di transfer ke Google Wallet dimana enaknya kalau anda tidak puas dengan apa yang diajarkan oleh si "guru" tersebut, anda bisa minta refund.
Mungkin Helpouts bisa menjadi solusi pengganti guru kursus yang datang ke rumah tapi syaratnya koneksi internet anda harus cepat.


- Via: http://www.otakku.com/2013/11/07/google-helpouts-belajar-atau-bertanya-dari-seseorang-dengan-video-chat/#sthash.ogDo8ByE.dpuf

Nikon Df, kamera Full Frame dengan bentuk retro

Nikon baru saja meluncurkan Nikon Df yang diklaim sebagai kamera Full Frame (FX) terkecil di kelasnya dengan bentuk klasik (retro).

Nikon Df dilengkapi dengan teknologi gabungan dimana sensornya menggunakan apa yang ada di Nikon D4 dan sistim Auto Focus (AF) menggunakan apa yang ada di Nikon D610.
Fitur yang ada di Nikon Df:
– 16 MP Full Frame CMOS Sensor (Sama dengan D4)
– ISO 100 – 25.600 (expandable 50 – 204.800)
– 5,5 frame per second (fps)
– AF Point sebanyak 39 point (sama dengan D610)
– Layar 3,2 inch 921K Dot
– Tombol shutter. ISO dan exposure
– Bisa menggunakan seluruh jenis lensa Nikon bahkan sampai seri Non-Ai
– Kartu memori SD
– Baterai EN-EL14a yang bisa menjepret sampai 1.400x
Ada juga fitur Quiet Shutter Release Mode yang membuat kamera DSLR ini bisa menjepret tanpa suara "klik" yang sering kita dengar.

Nikon Df memang menawarkan semua kemewahan yang ada di kamera Full Frame sekaligus menawarkan sebuah kamera yang lebih mudah dibawa kemanapun.
Kami sebut lebih mudah dibawa karena memang kalau mau jujur ukurannya tidak terlalu berbeda jauh dengan DSLR lain dan pastinya engga seenak bawa Mirrorless atau kamera digital kompak lainnya.
Sayangnya, bagi anda yang juga suka mengambil video dengan kamera DSLR maka lupakan Nikon Df karena kamera retro keren ini tidak ada fitur untuk merekam video, hanya untuk foto.
Nikon Df akan dijual dengan harga US$ 2.749 (sekitar hampir Rp. 30.000.000) hanya untuk bodi saja (body only).

- Via: http://www.otakku.com/2013/11/06/nikon-df-kamera-full-frame-dengan-bentuk-retro/#sthash.qfuDsCYo.dpuf

Mau operasi plastik biar terlihat cantik? coba pikirkan yang satu ini

Sekarang jamannya semua orang mau terlihat cantik atau ganteng dan pilihan yang paling cepat adalah melakukan operasi plastik. Sah-sah saja kok melakukan operasi plastik asal jangan pakai uang negara tetapi coba pikirkan yang satu ini.

Lihat foto keluarga diatas? ayah dan ibu terlihat begitu sempurna (cantik dan ganteng) tetapi coba lihat anak-anak mereka, berbeda jauh dengan kedua orang tuanya bukan? Inilah salah satu iklan yang sedang ditayangkan oleh Taiwan mengenai operasi plastik dan efeknya kepada anak-anak anda nantinya.
Bayangkan suatu saat kalau anak anda sudah besar dan bertanya kepada anda, "mama, kok saya jelek dan tidak secantik mama?" 
Dan jangan lupa bisa juga akan menjadi pertanyaan bagi orang lain, itu anak kandung atau bukan karena kok beda yah?
Pesan moral yang ingin disampaikan melalui iklan ini adalah, operasi plastik memang bisa mengubah kehidupan anda tapi tidak mengubah genetik anda.
Jadi apakah anda masih tetap mau operasi plastik?

- Via: http://www.otakku.com/2013/11/11/mau-operasi-plastik-biar-terlihat-cantik-coba-pikirkan-yang-satu-ini/#sthash.jA9NSz9H.dpuf

Adata UD320 USB Flash drive, memudahkan transfer data dari komputer ke ponsel Android atau sebaliknya


Urusan pindah data dari komputer ke ponsel/ tablet atau sebaliknya memang sedikit merepotkan walaupun banyak cara untuk melakukannya. AData memberikan solusi mudah dan cepat dengan meluncurkan sebuah USB flashdrive yaitu DashDrive Durable UD320 USB Flash drive.

UD320 bentuknya tidak jauh berbeda dengan yang biasa tetapi US320 punya 2 konektor USB yaiu USB dan micro-USB. Ketika anda ingin pindah data dari komputer ke ponsel atau tablet Android, cukup transfer data di komputer ke UD320 melalui koneksi USB biasa kemudian setelah selesai gunakan koneksi micro-USB untuk mentransfer data tersebut ke ponsel.
Cara seperti ini tentunya lebih cepat dibandingkan anda melakukan transfer melalui koneksi Wi-Fi atau Bluetooth dan jauh lebih tidak repot dibandingkan menggunakan kabel USB. Tidak dijelaskan di websitenya tetapi sepertinya untuk bisa menggunakannya di ponsel, ponsel anda harus mendukung USB OTG (OnTheGo) kalau tidak kemungkinan flashdrive tidak akan terbaca.
AData UD 320 dikeluarkan dalam 2 kapasitas yaitu 16 GB dan 32 GB dengan harga US$ 17 dan US$ 26.

- Via: http://www.otakku.com/2013/10/18/adata-ud320-usb-flash-drive-memudahkan-transfer-data-dari-komputer-ke-ponsel-android-atau-sebaliknya/#sthash.q4ieWXlp.dpuf

Seluruh mobil Hyundai dan Kia akan menggunakan Android OS tahun depan

Hyundai dan KIA akan menjadi pabrikan mobil pertama yang akan menggunakan sistim Android OS sebagai pengganti sistim in-car navigation yang biasanya dibuat oleh mereka sendiri. Penggunaan Android OS yang akan disebut dengan UVO 2.0 ini tentunya bukan hal penting tetapi yang lebih penting lagi adalah kita bisa dengan mudah menggabungkan ponsel atau tablet Android dengan sistim di mobil.

Belum disebutkan secara detil apa saja yang bisa dilakukan dengan penggunaan Android OS di mobil buatan Korea ini (selain Googe Maps) tetapi rencananya mulai tahun depan, diharapkan semua mobil keluaran Hyundai dan KIA akan mulai mengadopsi Android OS. Memang bukan hal baru untuk hal seperti ini tetapi Hyundai dan KIA adalah yang pertama untuk mengadopsi Android OS ke seluruh model mobil mereka sedangkan yang sudah ada saat ini masih sebatas per model mobil saja.

- Via: http://www.otakku.com/2013/10/25/seluruh-mobil-hyundai-dan-kia-akan-menggunakan-android-os-tahun-depan/#sthash.xXoBBgHS.dpuf

Mobil Honda yang bisa parkir sendiri dan MURAH katanya, asik!

Kami sih tidak terlalu bermimpi untuk bisa punya mobil yang bisa disuruh ke warung alias teknologi Driverless yang bisa membuat mobil bisa berjalan sendiri, cukup yang satu ini juga sudah senang kok. Honda sedang mengembangkan sebuah mobil murah yang punya teknologi automatic valet parking system yang bisa parkir sendiri tanpa harus ada sopir di dalamnya.

Memang mobil Honda ini tidak bisa diparkir dimana saja untuk bisa mengaktifkan sistim automatic valet tetapi harus diparkir di tempat parkir yang mendukung teknologi ini. Mobil ini akan "dibantu" oleh sistim kamera yang ada di tempat parkir untuk memberi petunjuk dimana mobil ini harus parkir tetapi tetap enak banget nih kalau punya.
Berbeda dengan yang lain, disebut murah karena memang di mobil ini hanya memanfaatkan kamera belakang yang sudah menjadi standar mobil di Jepang sana sedangkan untuk melihat di sekelilingnya, kamera di tempat parkir yang akan membantunya dengan mengirim data ke mobil.
Intinya komunikasi antara sistim di mobil dan tempat parkir menjadi keharusan agar mobil bisa terparkir dengan aman.
Mirip dengan yag ditawarkan Nissan, kita cukup turun di lobi gedung dan selanjutnya sistim akan mengambil alih stir untuk mencari tempat parkir dan setelah selesai belanja, cukup memanggil kembali agar mobil menjemput di lobi.
Hai Honda dan lainnya, coba teknologi parkir otomatis tanpa sopir diuji coba di Indonesia, khususnya di tempat yang parkirnya sempit.
Kalau berhasil berarti teknologi ini siap digunakan.:-) 


- Via: http://www.otakku.com/2013/10/23/mobil-honda-yang-bisa-parkir-sendiri-dan-murah-katanya-asik/#sthash.XvcrrlPj.dpuf