Latihan Yoga Mengusir Insomnia

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

Gangguan tidur telah menjadi masalah jutaan orang dewasa ini. Padahal, supaya tubuh selalu dalam kondisi sehat dan bugar kita disarankan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam. Untuk mendapatkan tidur berkualitas, cobalah berlatih yoga. 

Penelitian yang dilakukan tim dari Harvard Medical School menyimpulkan, latihan pernapasan dan pemusatan perhatian seperti dalam latihan yoga diketahui efektif menjauhkan gangguan tidur seperti insomnia.

Penelitian dilakukan terhadap 20 orang yang berlatih yoga sebelum jam tidur selama delapan minggu. Para partisipan juga diminta menuliskan dalam diary kesulitan tidur selama dua minggu sebelum berlatih yoga, dan selama 8 minggu berlatih yoga.

Setelah berlatih yoga, para partisipan mengaku mengalami peningkatan kualitas tidur dan total waktu tidur, dibandingkan sebelum berlatih yoga.

"Yoga adalah terapi yang efektif karena mengurangi efek fisik dan psikologi akibat insomnia," kata Sat Bir Khalsa, asisten profesor pengobatan di Harvard Medical School.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Menopause juga disebutkan manfaat yoga untuk mengurangi gangguan tidur dan gejala menopause. Seluruh partisipan penelitian ini menderita insomnia dan tidak mendapat terapi hormon. 

via http://health.kompas.com/read/2012/08/15/14364746/Latihan.Yoga.Mengusir.Insomnia


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



1 komentar:


jauharotul maknunah on 19 Juni 2013 18.49 mengatakan...

Salam Kenal ya...

Info yang menarik nie..... kalau boleh tau, kapan waktu yang tepat buat melakukan yoga? dan ada g baju senam khusus yang harus digunakan?

Thnks ya... & sukses selalu.... :)

Poskan Komentar

 

Arsip Blog

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved