Hati-Hati Terhadap URL Pendek Palsu di Twitter

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

CHIP Online Hati-Hati Terhadap URL Pendek Palsu di Twitter
Symantec kali ini menginformasikan kepada pengguna jejaring sosial agar lebih berhati-hati dalam mengakses sebuah link website yang diberitakan di situs Twitter.
Berbagai informasi terbaru mengenai topik berita terhangat yang berasal dari Twitter, seyogyanya diwaspadai oleh para penggunanya. Karena, serangan kali ini mengarah pada perubahan url pendek. Penyerang biasanya cukup mengecek halaman utama dari situs Twitter untuk mencari topik yang sedang menjadi tren. Lalu penyerang memilih salah satu tweet yang berisi sebuah url pendek, dan menggantinya dengan url pendek lain, yang mengarah ke situs berbahaya. Karena teks di dalam pesan adalah sama, pengguna tidak mengetahui bahwa URL pendek yang baru mengarah ke sebuah website berbahaya, bukan ke berita aslinya. Oleh karena itu beberapa pengguna akan mengikuti kemanapun link itu mengarah, dan ini tidak dapat dihindari.

CHIP Online Hati-Hati Terhadap URL Pendek Palsu di Twitter

Untuk itu, Symantec memberikan beberapa tips agar Anda dapat terhindar dari penyalahgunaan informasi yang disalahgunakan oleh para penyerang dalam mengelabui korban-korbannya, seperti :
  • Lakukan update terkini baik pada sistem operasi, anti virus yang Anda gunakan, serta piranti lunak browser.
  • Gunakan fitur tombol “expand” yang terdapat dari Twitter yang akan memperlihatkan link pertama, sehingga pengguna dapat memastikan kemana link tersebut mengarah.
  • Hindari tawaran untuk melakukan download apapun saat url pendek tersebut sudah di-klik.
Saat ini, Twitter sedang mengerjakan konsep perpendekkan URL, yang akan dipendekkan lagi oleh pemendek URL lain, dan dapat diperluas. Twitter juga mengatakan bahwa mereka bekerja aktif pada fitur lain yang mereka percaya akan meningkatkan keselamatan dan keamanan pengguna.

via http://chip.co.id/articles/security/2010/12/21/hati-hati-terhadap-url-pendek-palsu-di-twitter/


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:


Posting Komentar

 

Arsip Blog

free counters

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved