Beras Ketela Buah Tangan Pelajar Kediri

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini



Kreativitas siswa SMA Negeri 2 Kota Kediri, Jawa Timur, patut mendapatkan apresiasi yang tinggi. Meski masih duduk di bangku SMA, mereka  mampu menemukan karya ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat. Mereka adalah Anis Suaraida, Mayang Putri, dan Nurahida Laili. Ketiganya merupakan siswi kelas tiga jurusan biologi.

Menurut mereka, ketela pohon yang banyak dijumpai saat ini sangat terbatas pemanfaatannya. Setelah diolah, ketela pohon ternyata bisa dibuat menjadi susu sari ketela dan beras ketela. Hasil karya ini tentunya mempunyai nilai jual tinggi dan bermanfaat bagi tubuh jika kita dikonsumsi. Tak heran jika karya ini menjuarai Lomba Karya Ilmiah Remaja Nasional yang digelar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Tidak terlalu sulit membuat susu sari ketela. Setelah ketela dikupas dan direndam selama lima jam, ketela tersebut diserut kemudian diperas  diambil sari patinya. Sari pati yang sudah mengendap kemudian dimasak sampai mendidih dengan dicampur sedikit garam. Sedangkan untuk beras ketela berasal dari ampas ketela dibentuk bulat-bulat yang dikeringkan diterik matahari.

Hasil karya ketiga siswa ini kini sudah mulai dipasarkan di koperasi serta di lingkungan ibu-ibu PKK. Setiap satu botol susu sari kedelai dijual Rp 3.400, sedangkan beras ketela satu kantong dijual dengan harga Rp 3.700.(ADO)

via http://tekno.liputan6.com/berita/201101/316736/Beras_Ketela_Buah_Tangan_Pelajar_Kediri


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:


Posting Komentar

 

Arsip Blog

free counters

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved