Lapisan di atap rumah yang bisa “berkeringat” ketika panas

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

Belum kesampaian mau ngecat atap rumah kami dengan warna putih untuk mengurangi panas di dalam rumah tetapi sudah ada cara baru dengan tujuan yang sama. Peneliti dari ETH-Zurich sedang mengembangkan sebuah teknologi lapisan atap rumah yang bisa membuat atap rumah "bekeringat" atau keluar air ketika udara menjadi panas sehingga akan membuat ruangan di dalam rumah menjadi lebih sejuk.

Mereka membuat sebuah lapisan sejenis matras polimer yang diletakkan di atas atap yang bisa menyerap air ketika hujan turun (mirip sebuah busa) dan kemudian bila terkena matahari maka lapisan ini akan mengeluarkan air yang telah disimpan untuk menyejukkan atap rumah tersebut. Coba lihat gambar diatas, rumah di sebelah kiri tidak menggunakan lapisan dari ETH-Zurich sedangkan yang kanan menggunakan lapisan polimer tersebut.
Hasilnya ketika suhu mulai panas, rumah di sebelah kanan terlihat lebih sejuk dibandingkan yang di sebelah kiri (foto kedua yang diambil melalui kamera infrared).
Bicara tujuannya sama seperti atap putih (white roof) yaitu bisa mengurangi pemakaian AC tapi yang paling penting bagi kami, mana yang lebih murah yah, Atap Putih atau Lapisan Berkeringat ini?? 
  
via http://www.otakku.com/2012/10/08/lapisan-di-atap-rumah-yang-bisa-berkeringat-ketika-panas/


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



3 komentar:


Roof Insulation on 17 November 2014 15.25 mengatakan...

Kalau aku lebih senang dengan white roof karena biayanya lebih murah dalam mengurangi pemakaian AC.

pvc roof on 15 Juni 2015 09.48 mengatakan...

Pakai PVC roof juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengurangi panas di dalam rumah gan. soalnya saya di rumah pakai alat ini sebagai atap rumah saya. sekedar info aja, selain bisa mengurangi panas dalam rumah, alat ini juga anti keropos, tahan terhadap panas, anti lumut, dan meredam suara saat musim hujan.

laminate flooring on 15 Januari 2016 15.58 mengatakan...

Sebenarnya lapisan lantai rumah juga bisa mengalami seperti itu kalau terbuat dari bahan yang kurang berkualitas. Tapi kalau atap rumah saya baru tahu, oh iya itu gambarnya juga udah mati min. Sekedar kasih tau

Poskan Komentar

 

Arsip Blog

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved