Rahasia di Balik Ketipisan New iMac

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

Beberapa minggu lalu di San Fransisco, Apple memperkenalkan desain baru dari jajaran komputer iMac-nya. Jajaran iMac baru tersebut masuk dalam seri all-in-one PC dan didesain dengan cantik dengan ketebalan yang minim, yakni hanya 5mm, sehingga terlihat sangat tipis. Apple menyatakan bahwa mereka mampu memangkas ketebalan monitor new iMac hingga 40% dan menjadikan komputer tersebut sebagai all-in-one PC paling tipis di dunia.

Banyak pihak yang penasaran, rahasia apa yang disimpan Apple untuk menghasilkan monitor dengan ukuran sangat tipis tersebut. Dari beberapa analisis, semua sepakat bahwa rahasia Apple tersebut ada pada display LCD-nya sehingga Apple bisa membuat ukuran komputernya 45% lebih tipis dibanding generasi sebelumnya. Pada masa lalu, display OLED dikenal sebagai display yang lebih tipis dan terang dibanding LCD. Apple sepertinya menemukan cara untuk mengubah hal tersebut. Seperti yang dilakukannya di iPhone 5, Apple secara optis mengikat panel LCD ke kaca sehingga bisa membuang celah udara sebesar 2mm dan membuatnya lebih tipis dibanding model sebelumnya.

Menurut Paul Semenza, analis dari NPD DisplaySearch, Apple menggunakan pengikatan optis (laminasi) dari LCD panel ke selembar kaca penutup yang dikuatkan. Hal ini akan mengurangi celah udara antara panel dan kaca, dan akan mengurangi ketebalan secara keseluruhan. Pengikatan optis tersebut juga akan mengurangi pantulan antara bagian dalam kaca penutup dan bagian luar panel yang nantinya akan meningkatkan kualitas image yang ditampilkan.

Selain menampilkan display yang lebih tipis, Apple juga mendesain ulang casing iMac dan menggunakan proses yang disebut friction stir welding (FSW) untuk mengikat pelat bagian depan dan belakang secara bersama-sama. Proses serupa sebelumnya biasa digunakan dalam pembuatan sayap pesawat terbang, tank pendorong roket dan beberapa bagian dari pesawat luar angkasa. Apple sendiri telah melisensikan proses manufaktur yang unik tersebut dari perusahaan independen riset dan teknologi bernama TWI Ltd yang berkantor di Inggris, dan Apple menjadi kostumer pertama dari perusahaan tersebut.

via http://www.jagatreview.com/2012/11/rahasia-di-balik-ketipisan-new-imac/


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



1 komentar:


Manufaktur Notebook on 3 Juli 2014 15.48 mengatakan...

Pantas saja Apple enjadi juara dlaam hal inovasi. Buktinya proses manufaktur yang unik tersebut sudah dilisensikan oleh pihak Apple. Mantap nih perusahaan. Kapan yah industri Indonesia memiliki perusahaan seperti itu?

Poskan Komentar

 

Arsip Blog

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved