e-ktp siap untuk Indonesia

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

Sistem kependudukan melalui e-KTP atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik merupakan cara baru yang akan ditempuh oleh pemerintah untuk memberikan identitas kepada masyarakat. Nah, pada tahun 2012 mendatang sistem tersebut mulai diberlakukan.

e-KTP memang merupakan cara jitu yang dilakukan pemerintah untuk membangun database kependudukan secara nasional. Dengan menggunakan sistim biometrik yang ada di dalamnya, maka setiap pemiliki e-KTP dapat terhubung kedalam satu database nasional, sehingga setiap penduduk hanya memerlukan 1 KTP saja.


"KTP elektronik menggunakan sistem biometrik atau sidik jari, sehinga setiap warga hanya membutuhkan satu KTP saja yang dapat dihubungkan dengan database nasional,"

Pihak BBPT mengatakan bahwa pemerintah akan segera menerapkan teknologi yang siap pakai tersebut, untuk menggantikan sistem kependudukan konvensional yang sudah ada. 


Proyek e-KTP dilatarbelakangi oleh sistem pembuatan KTP konvensional di Indonesia yang memungkinkan seseorang dapat memiliki lebih dari satu KTP. Hal ini disebabkan belum adanya basis data terpadu yang menghimpun data penduduk dari seluruh Indonesia. Fakta tersebut memberi peluang penduduk yang ingin berbuat curang terhadap negara dengan menduplikasi KTP-nya. Beberapa diantaranya digunakan untuk hal-hal berikut:

1. Menghindari pajak
2. Memudahkan pembuatan paspor yang tidak dapat dibuat di seluruh kota
3. Mengamankan korupsi
4. Menyembunyikan identitas (misalnya oleh para teroris)

Untuk mengatasi duplikasi tersebut sekaligus menciptakan kartu identitas multifungsi, digagaslah e-KTP yang menggunakan pengamanan berbasis biometrik.



Penggunaan sidik jari e-KTP lebih canggih dari yang selama ini telah diterapkan untuk SIM (Surat Izin Mengemudi). Sidik jari tidak sekedar dicetak dalam bentuk gambar (format jpeg) seperti di SIM, tetapi juga dapat dikenali melalui chip yang terpasang di kartu. Data yang disimpan di kartu tersebut telah dienkripsi dengan algoritma kriptografi tertentu. Proses pengambilan sidik jari dari penduduk sampai dapat dikenali dari chip kartu adalah sebagai berikut:


Sidik jari yang direkam dari setiap wajib KTP adalah seluruh jari (berjumlah sepuluh), tetapi yang dimasukkan datanya dalam chip hanya dua jari, yaitu jempol dan telunjuk kanan. Sidik jari dipilih sebagai autentikasi untuk e-KTP karena alasan berikut:

Biaya paling murah, lebih ekonomis daripada biometrik yang lain

Bentuk dapat dijaga tidak berubah karena gurat-gurat sidik jari akan kembali ke bentuk semula walaupun kulit tergores
Unik, tidak ada kemungkinan sama walaupun orang kembar
Informasi penduduk yang dicantumkan dalam e-KTP ditunjukkan pada layout kasar berikut:



Selain tujuan yang hendak dicapai, manfaat e-KTP diharapkan dapat dirasakan sebagai berikut:

1. Identitas jati diri tunggal

2. Tidak dapat dipalsukan
3. Tidak dapat digandakan
4. Dapat dipakai sebagai kartu suara dalam pemilu atau pilkada


Struktur e-KTP sendiri terdiri dari sembilan layer yang akan meningkatkan pengamanan dari KTP konvensional. Chip ditanam di antara plastik putih dan transparan pada dua layer teratas (dilihat dari depan). Chip ini memiliki antena didalamnya yang akan mengeluarkan gelombang jika digesek. Gelombang inilah yang akan dikenali oleh alat pendeteksi e-KTP sehingga dapat diketahui apakah KTP tersebut berada di tangan orang yang benar atau tidak. Untuk menciptakan e-KTP dengan sembilan layer, tahap pembuatannya cukup banyak, diantaranya:

1. Hole punching, yaitu melubangi kartu sebagai tempat meletakkan chip
2. Pick and pressure, yaitu menempatkan chip di kartu
3. Implanter, yaitu pemasangan antenna (pola melingkar berulang menyerupai 4. spiral)
5. Printing,yaitu pencetakan kartu
6. Spot welding, yaitu pengepresan kartu dengan aliran listrik
7. Laminating, yaitu penutupan kartu dengan plastik pengaman



Lapis e-KTP

 Isi dari e-KTP








Perealisasian dari e-KTP akan segera dilakukan pada tahun 2012. Syukur - syukur bisa lebih cepat. Saat ini e-KTP udah dilaksanakan di 8 desa.
 


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

Jangan ke typo dengan nama gue (bikin senyum senyum najong sendiri loh) (from rayi.web.id)


Artikel Menarik Lainnya



7 komentar:


Anonim mengatakan...

SAYA SGT MENDUKUNG SEKALI INISIATIF IDE PEMERINTAH KITA , SUDAH SAMPAI WAKTUNYA KITA MELANGKAH JAUH KEDEPAN UNTUK MEREFORMASIKAN SISTE KONVENSIONAL STATISTIK WNI KITA, SUPAYA LEBIH MAJU DAN SETANDING DGN NEGARA JIRAN YG SUDAH LAMA MENGGUNAKAN ID CARD CANGGIH INI, CONTOHNYA MALAYSIA YG MEMPUNYAI MYKAD BUAT WARGANEGARA DAN PENDUDUK TETAP MEREKA , YG DIKATAKAN PALING CANGGIH NO2 DISELURUH DUNIA SETELAH ID CARD KANADA. KATANYA MYKAD MALAYSIA BISA DIDETEKSI PAKAI SATELIT MEREKA UNTUK KESELAMATAN WARGANEGARANYA BIARPUN BERADA JAUH DI LUAR NEGERI ..HEBAT KAN..NAH KITA KAPAN LAGI???

Anonim mengatakan...

SAYA HARAF E KTP INI AKAN DPT MENANDINGI MYKAD NEGARA JIRAN YG SOMBONG ITU, YG SERING SAJA MELECEHKAN SISTEM PEMERINTAHAN KITA DAN MENGGEROGOTI PERBATASAN NEGARA & KEPULAUAN KITA AGAR MEREKA TAU, BAHWA KITA PUN BISA BIKIN E KTP YG JAUH LEBIH CANTIK DAN CANGGGIH DARI MYKAD MEREKA ITU , MALAYSIA PUN SUDAH ADA MESIN DAN ALAT PEMBACA MAKLUMAT YG TERDAPAT DLM MIKROCIPNYA DAN BISA MENGECEK CAP JARI ( JEMPOL) SECARA ONLINE ( BIOMETRIK ONLINE SISTEM) NAH KITA KAPAN LAGI..........AYO MAJU LAGI KEDEPAN WAHAI BANGSA BESAR INDONESIAKU TERCINTA...........INDONESIA BISA!!!

Anonim mengatakan...

KALAU NEGARA JIRAN BISA BIKIN MYKAD TERCANGGIH KNAPA KITA MESTI GAK BISA BIKIN???....APA ALASANYA YG MASUK AKAL LOL..SAMA -SAMA MAKAN NASI KOK KITA KETINGGALAN ZAMAN TERUS SEH??? MYKAD MALAYSIA HARUS KITA TANDINGI SUPAYA NEGARA KECIL ITU JGN LAGI MEMPERLECEHKAN KEDAULATAN NEGARA BESAR RI..............INDONESIA BISA!!!

e-ktp on 12 Juni 2011 20.32 mengatakan...

Kita harus optimis, mudah2 an pemerintah sukses menjalankan program e-ktp, ini yang akan di laksanakan Agustus 2011. Sosialisasikan e-ktp sedini mungkin agar lebih lancar.good artikel for kripiku.blogspot.com

rayi on 12 Juni 2011 21.32 mengatakan...

wah alhamdulillah dapet komentar dari e-ktp asli loh :) , tapi edited blog ini keripiku.blogspot.com

Anonim mengatakan...

BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA / MELANJUTKAN KULIAH / KENAIKAN JABATAN ?!?!
KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

-SMU:4.000.000
-D3:6.000.000
-S1:8.000.000

* AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE: 085736927001.ku@gmail.com
BERMINAT?

HUB: +6285736927001.

(HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lain

Anonim mengatakan...

Dilarang iklan di comment box

Poskan Komentar

 

Arsip Blog

komentar terakhir

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi Dwiky putra | All Rights Reserved