Tidak Semua Sayur & Buah Sehat

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini


VIVAnews - Buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang selalu disarankan ada dalam menu sehari-hari. Namun, di balik manfaatnya, sejumlah sayur dan buah berpotensi menjadi racun yang membahayakan tubuh.

Seperti dikutip dari laman Times of India, Konsultan Kesehatan, Dr Tusna Park, mencontohkan, sayur semacam kubis, selada, dan kembang kol mengandung goitrogens, yang dapat menghambat penyerapan yodium oleh kelenjar tiroid. "Tapi dapat dicegah dengan garam beryodium," katanya.


Bagi beberapa orang yang sensitif, tomat juga bisa bereaksi menjadi racun dalam tubuh sehingga menimbulkan alergi. Gejala yang ditimbulkan biasanya keringat dingin dan nyeri di bagian perut usai mengonsumsi tomat. Reaksi yang sama juga bisa dimunculkan terung dan paprika. Sedangkan aprikot dan plum berpotensi menjadi racun pada mereka yang tak cocok dengan fruktosa.

Potensi racun juga tersimpan di dalam kentang. Racun umumnya terkandung dalam kentang yang berwarna hijau, bertunas, dan secara fisik telah rusak atau membusuk. Racun umumnya terkonsentrasi di daerah yang berwarna hijau, kulit, atau daerah di bawah kulit.

Kentang mengandung racun alami glikoalkaloid yang terdiri dari dua jenis racun utama, yaitu solanin dan chaconine. Namun, racun yang terkandung dalam kentang umumnya berkadar rendah dan tidak menimbulkan efek serius.

Buah dan sayur mentah atau yang tidak melalui pencucian sempurna juga perlu diwaspadai karena memungkinkan pestisida atau bakteri masih menempel. "Makan sayuran mentah yang tidak dicuci dengan baik dan buah-buahan yang telah dipotong bisa dihinggapi lalat, menyebabkan konsumennya berisiko terinfeksi gastrointestinal," kata Dr Park.

Jadi, selektiflah memilih sayur dan buah yang aman dikonsumsi. (pet)
• VIVAnews



via viva news


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:


Posting Komentar

 

Arsip Blog

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved