Cara Sehat Makan: Dengarkan Badan Kamu

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

Meski artikel diet banyak saya tulis seperti: Diet Ala Rasulullah SAW dan masih banyak lagi, tetap saja masalah kelebihan berat badan menjadi masalah yang tidak mudah diselesaikan. Penyebabnya sederhana, karna setiap orang itu unik, punya kebutuhan yang beda karena gender, umur, riwayat leluhur, dan gaya hidup (aktifitas).

Lalu bagaimana cara diet yang bisa diterapkan pada saya, kamu, bahkan semua orang di dunia ini? Untungnya Tuhan menciptakan tubuh kita ini unik, yakni tubuh sebenarnya bisa menyeimbangkan dirinya sendiri dengan setiap keunikan kita. Karena itu milikilah mentalitas diet dan mendengarkan apa yang benar-benar tubuh kita perlukan.

Tahu Rasa Lapar Yang Sebenarnya
Banyak orang yang tak pernah mendengarkan sinyal yang dikirim tubuh. Kita makan karena alasan emosional, karena rasa bosan atau bahkan ketika benar-benar kenyang. 
Buat skala 1 sampai 5, 5 untuk sangat lapar, tanya pada diri sendiri seberapa laparkah saya? Coba kenali ketika kamu terlalu lama tanpa bahan bakar dan pada skala 5. Atau kamu makan pada angka 1. Usahakan makan hanya ketika angka antara 2 – 3 untuk mencegah makan berlebihan.

Buat Jurnal Makanan, Hubungan Makanan dan Perasaan
Perhatikan tanda-tanda ketidakseimbangan sesudah makan seperti sakit kepala, sakit perut, kram otot, batuk, lelah, insomnia, gelisah, gemetar, otot lemah, konsentrasi buruk, pucat. 
Hal ini membantu kamu menemukan makanan yang tidak berkhasiat untuk tubuh kamu.

Dekontruksi Ingin Makan
Ingin makan adalah pesan yang disampaikan untuk membantu kamu menciptakan keseimbangan di dalam badan. Bisa mengenali mengapa kamu ingin makan sesuatu dapat membantu kamu mencegahnya pada kali berikutnya. Apakah ingin makan karena emosional atau pengaruh musim? Apakah kamu makan terlalu banyak garam sehingga ingin makan yang manis-manis? Atau karena kekurangan vitamin? Tanya pada diri sendiri apa yang benar-benar diinginkan tubuh kamu saat ini.

Makan Untuk Bahan Bakar
Selalu pilih makanan yang kamu tahu sehat dan baik untuk kamu sendiri. 
Bayangkan makanan sebagai bahan bakar yang membuat mesin badan bisa jalan secara paling efisien untuk waktu terlama. Pelajari apa makanan bahan bakar kamu.

Sepuluh Persen Makan Untuk Kebahagiaan Murni
Melaparkan diri tidak efektif. Kenali makanan kebahagiaan kamu. 
Makan dengan rasa senang tanpa rasa bersalah. Lakukan 10% dari waktu akan membantu kamu membangun hubungan yang sehat dengan makanan.

Mulai dengarkan badan kamu sekarang juga, dan bebaskan diri kamu dari siklus diet yang tak ada habisnya. 
Selamat mencoba!

via http://gugling.com/cara-sehat-makan-dengarkan-badan-kamu.html


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:


Posting Komentar

 

Arsip Blog

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved