Agar Berat Badan Tak Lagi Naik

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

Sukses menurunkan berat badan? Jangan senang dulu. Sebab, berat badan itu dapat naik lagi jika Anda tak hati-hati.  Ikuti lima aturan sederhana berikut ini :

1.    Timbang setiap hari
Tentu Anda bakal merasa depresi jika harus memantau berat badan setiap hari. Padahal kadar hormon yang berubah saja bisa membuat berat badan melambung. Sebenarnya itu menjadi alasan kenapa banyak program pelangsingan tidak menyarankan menimbang badan tiap hari karena bisa bikin Anda frustrasi.

Namun, menurut studi terbaru dari Annals of Behavioral Medicine, seringnya menimbang badan terkait dengan semakin banyak berkurangnya atau sedikitnya kenaikan berat badan. Dengan kata lain, orang yang menimbang setiap hari lebih mudah turun berat badan dan menjaganya dibanding yang kurang sering menimbang. Mengapa? Karena seringnya menimbang itu bikin lebih mudah bagi kita untuk mengoreksi sedikit kenaikan berat badan sebelum kenaikan itu menjadi berlebihan.

2.    Bikin rancangan menu
Ketika sedang berdiet, Anda merencanakan dengan baik makanan saat sarapan, makan siang, kudapan, dan makan malam. Setelah berat badan idaman tercapai, apakah perlu juga ketat menjaga pola makan? Tentu saja! Jika Anda kembali ke pola makan sebelum berdiet, kemungkinan terjadi kenaikan berat badan kembali. Perhitungkan dengan seksama kebutuhan kalori Anda sekarang dan buatlah rencana menu makanan yang sehat sesuai dengan kebutuhan Anda.

3.    Olahraga
Makan lebih sedikit untuk menurunkan berat badan, berarti membuat tingkat metabolisme tubuh jadi lebih lambat. Ini disebabkan Anda mengonsumsi kalori lebih sedikit untuk menurunkan berat badan. Daripada menurunkan metabolisme tubuh, buang kelebihan kalori dengan olahraga yang bersifat aerobik.

4.    Pertahankan pola hidup sehat
Pola hidup sehat itu antara lain berolahraga dan menjaga pola makan sehat. Kedua hal ini jika dilakukan dengan benar bisa menurunkan berat badan. Jangan tinggalkan kedua hal ini meskipun berat badan sudah turun. Jika biasa minum multivitamin ketika berdiet, tetap pertahankan itu. Jangan pula tinggalkan kebiasaan minum 8 gelas air putih setiap hari.

5.    Definisikan kembali makna hidup normal
Banyak orang berharap mereka bakal tidak lagi mengatur pola makan sehat dan kembali makan “normal”. Artinya, mereka bebas makan apa saja sesuka mereka. Faktanya, Anda bakal kembali gemuk jika kembali bebas makan apa saja sesuka hati. Jadi bagaimana menjaga berat badan sehat tanpa merasa sedang berdiet?
Caranya, ciptakan situasi kebiasaan “normal” baru seperti olahraga teratur, memilih makanan sehat saja, membatasi cokelat, puding, permen, dan roti manis, misalnya. Seiring berjalannya waktu, Anda akan merasa sehat dan tak masalah memiliki pola makan baru ini tanpa merasa sedang berdiet. @ Diyah Triarsari

via http://health.kompas.com/read/2011/03/18/11425248/Agar.Berat.Badan.Tak.Lagi.Naik


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:


Posting Komentar

 

Arsip Blog

free counters

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved