6 Kelemahan Windows 8

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

6 Kelemahan Windows 8
Microsoft telah menghasbiskan waktu begitu lama untuk menciptakan Windows 8. Berbeda dengan OS Windows sebelumnya, Windows 8 ini mampu bekerja pada desktop dan tablet. Untuk itu Windows 8 bisa disebut sebagai proyek OS pertama Microsoft yang secara bersama menggabungkan platform desktop dan tablet. Tak heran jika masih terdapat kekurangan. Untuk itu Microsoft harus mengetahui kelemahan Windows 8 dan segera memperbaikinya.

Developer telah mencoba banyak dengan telah diberikannya Windows 8 developer preview. Tidak hanya menemukan fitur-fitur baru di Windows 8 yang tidak ada di Windows versi sebelumnya, para developer juga menemukan sejumlah kelemahan Windows 8.

1. Metro multitasking = 2 aplikasi saja
Jika Anda menggunakan aplikasi Metro (untuk tablet) di Windows 8, multitasking berarti screen akan menampilkan dua aplikasi secara berjajar. Itu saja. Untuk pemula hal itu tidak akan menjadi masalah besar. Namun bagi advanced user, kemampuan Metro dengan multitasking hanya untuk dua aplikasi merupakan kelemahan yang fatal.

2. Tumpang tindih Metro UI dan Aero UI
Developer menemukan adanya pergantian secara terus-menerus yang terjadi antara tile-based Metro UI dan glassy Aero UI. Hal tersebut dinilai tidak masuk akal dan sangat membingungkan. Berpindah dari aplikasi Metro dan aplikasi desktop sangat sulit dilakukan.

3. Metro adalah tipuan desktop
Metro memang bisa bekerja baik di tablet tapi UI tersebut sangat tidak kompatibel jika digunakan pada desktop. Dan jika Anda ingin mencobanya di notebook, itu akan sulit dilakukan. Sehingga secara default tidak mungkin bisa dilakukan Windows 8 untuk booting ke Metro UI. Dengan kata lain Microsoft perlu memberikan kill-switch untuk mematikan Metro UI.

4. Sangat sulit berpindah antar screen
Berpindah antar aplikasi Metro adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Anda tidak diberikan fungsi Alt-Tab seperti saat bekerja dengan desktop dan keyboard untuk berganti dari satu app ke app yang lain. Sebagai gantinya, di Windows 9 Metro UI Nda bisa menggunakan pointer atau finder. Letakkan di sisi kiri screen dan drag. Atau klik pada icon yang muncul.

Kedengarannya sangat mudah tapi masalah muncul saat Anda bekerja dengan banyak aplikasi. Tidak ada cara cepat dan mudah untuk berganti antar aplikasi. Jika Anda menggerakkan mouse ke arah kiri maka sebuah icon akan pops up. Dan jika tidak tepat maka Anda harus klik dan mencoba lagi.


[image source: zdnet]

5. Tiles sebabkan crash
Saat Microsoft memperkenalkan System Tray, fitur tersebut disebut sebagai hal penting sehingga didesain agar user mudah mengaksesnya dan cepat melihat status dari aplikasi tertentu. Tapi kini dalam Windows 8 System Tray tidak seperti yang dikatakan Microsoft dan malah sangat mengganggu.

Di Windows 8, Metro UI desktop akan manjadi System Tray terbaru. Setiap aplikasi akan membutuhkan system tray. Dan semakin banyak aplikasi yang dijalankan maka system tray akan menggelembung. Meski Microsoft berjanji akan memberikan aplikasi yang ringan dan mudah dijalankan, namun jika Anda menggunakan iTunes untuk streaming dan ada banyak aplikasi lain yang dijalankan sehingga banyak iklan dan informasi yang bermunculan bisa Anda bayangkan apa yang akan terjadi pada tablet Anda. Crashed!

6. Tidak ada opsi untuk mengubah tiles menjadi icons
Ukuran tiles terkecil masih terlalu besar tampilannya. Saat nantinya Anda telah install banyak aplikasi maka screen Metro akan semrawut.


^ Tiles pada Metro UI Windows 8 [image source: ZDnet]

Well, itulah 6 kelemahan utama pada Windows 8 yang telah ditemukan para developer. Semoga Microsoft segera membenahinya sehingga saat Windows 8 rilis untuk publik nanti, Anda tidak akan mengalami kesulitan yang sama.

Source
http://www.zdnet.com/blog/hardware/windows-8-design-flaws-microsoft-must-address/14917
http://gadget.gopego.com/full/2011/09/6-kelemahan-windows-8


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



6 komentar:


nurul iman on 29 Desember 2011 11.07 mengatakan...

tq da share, maen juga ke royuzuki.com

Sigit Herdianto on 4 April 2012 19.34 mengatakan...

ya.sejak awal saya juga sudah menebak,kalau windows 8 ini malah akan mempersulit pengguna PC.Makanya,saya lari ke linux aja,lebih enak.

Zaldi on 12 Oktober 2012 18.19 mengatakan...

satu lagi yaitu ada koneksi internet :)

Elka Firmanda on 4 November 2012 16.04 mengatakan...

punten ya yang punya blog ini,
mohon di review lagi, OS ini sudah jauh berkembang, jikalau melihat permalinknya, postingan ini diposting bulan september tahun 2011,
alangkah lebih baik jika mencantumkan Windows 8 versi apa yang digunakan agar tidak menyesatkan pembaca juga..
terima kasih

Anonim mengatakan...

iya ini diposting tahun 2011 dan sekarang sudah ada versi final, makin oke kayanya :)

Anonim mengatakan...

enak java cmand
bs edit sesuka wudel dewe

Poskan Komentar

 

Arsip Blog

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved