Pesawat remote kecil sebagai solusi untuk mengantar obat ke daerah terpencil

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

Bagi orang yang tinggal di daerah jauh dari perkotaan, masalah pengobatan masih tetap menjadi masalah serius, mau cari obat saja susahnya setengah mati dan kalaupun kita bisa mengirim sebuah helikopter/ pesawat untuk mengantar obat, tentu biayanya mahal sekali. Matternet, sebuah perusahaan Amerika memunculkan sebuah ide untuk menggunakan sebuah pesawat kecil (dikenal dengan unmanned aerial vehicles/ UAV).

Pesawat dengan 4 buah baling-baling ini dikontrol dengan remote dan dapat mengangkut beban maksimum mencapai 1 kilo dan dapat menempuh jarak sekitar 3 km (ke depannya 10 km) dengan sekali isi ulang. Anda benar, walaupun jaraknya bisa 10 km itu masih terlalu pendek dan pastinya tidak bisa mencapai daerah terpencil makanya Matternet punya sebuah sistim jaringan untuk distribusi obat tersebut.

Sederhananya, dalam satu wilayah akan ditempat beberapa stasiun pengisian baterai yang diletakkan di setiap desa terdekat atau masuk dalam jangkauan sehingga sebelum baterai habis, pesawat UAV ini akan berhenti di lokasi tertentu untuk diganti baterainya kemudian melanjutkan perjalanannya kembali.

Karena stasiun pengisian baterai diletakkan di desa yang minim sumber listrik, pengisian baterai tersebut menggunakan pengisian dengan sistim panel surya atau tenaga matahari sehingga tidak butuh sumber listrik.

Memang agak repot kalau harus berhenti ke beberapa tempat sebelum sampai tujuan tetapi inilah setidaknya solusi sementara yang paling murah dan diklaim biaya operasionalnya sama dengan kaya naik motor.

<iframe src="http://player.vimeo.com/video/28247681?title=0&amp;byline=0&amp;portrait=0&amp;color=ff9933" width="400" height="225" frameborder="0"></iframe><p><a href="http://vimeo.com/28247681">The Matternet Vision</a> from <a href="http://vimeo.com/matternet">matternet</a> on <a href="http://vimeo.com">Vimeo</a>.</p> 
bila video tidak tampak silakan ke http://vimeo.com/28247681

via http://www.otakku.com/2011/09/08/pesawat-remote-kecil-sebagai-solusi-untuk-mengantar-obat-ke-daerah-terpencil/


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



2 komentar:


Rani Fitriani on 16 September 2011 10.01 mengatakan...

Sungguh luar biasa?

Irpan Maulana on 26 Juni 2015 15.03 mengatakan...

kami memberikan informasi mengenai bagaimana cara agar terbebas dari berbagai macam penyakit dengan menggunakan ace maxs, ace maxs adalah produk herbal masa kini yang terbuat dari ekstraksikulit manggis dan daun sirsak yang di olah dengan menggunakan teknologi yang moder. jia anda tertarik berikut ini adalah cara pemesanan ace maxs via sms . dan kami juga menyediakan obat psoriasis bagi orang dewasa maupun anak-anak yaitu jelly gamat gold g yang terbuat ektraksi teripang emas dan juga sebagai obat pendarahan setelah keguguran yang aman dan tanpa efek samping. juga sudah terdaftar resmi di badan pom indonesia.

Poskan Komentar

 

Arsip Blog

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved