10 Tahayul Saat Perayaan Imlek

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini


Tahun baru China alias Imlek merupakan perayaan meriah yang didominasi warna merah dan selalu dikaitkatkan dengan shio, seperti tahun 2012 ini merupakan shio naga air. Berbicara tentang China, pasti ada kaitannya dengan mitos dan tahayul. Apalagi, budaya China telah ada lebih dari lima ribu tahun lalu. Dimanapun mereka berada, orang China takkan meninggalkan budayanya, termasuk merayakan imlek. Dan berikut 10 tahayul seputar tradisi tahun baru Imlek.

1.  Tak boleh bersih-bersih. Seluruh rumah harus sudah dibersihkan sebelum Tahun Baru, karena bersih-bersih itu dianggap membuang hal-hal buruk sepanjang tahun lalu. Alat bersih-bersih harus diletakkan pada hari H, agar tidak membuang hal baik yang diharapkan.

2. Tak boleh ada cerita hantu, karena apapun yang dilakukan hal itu akan terbawa terus sepanjang tahun. Kata-kata buruk dan tak beruntung merupakan tabu di hari pertama tahun baru. Terutama, karena kisah seram biasanya terkait dengan kematian.

3. Tak boleh mencuci rambut. Meski disarankan untuk memangkas rambut pada hari pertama, Kamu tidak mencucinya untuk memastikan keberuntungan takkan ikut luntur.

4. Tak boleh membeli buku. Sebab itulah toko buku tutup, karena dilarang membeli buku. Alasannya, buku merupakan homonim untuk ‘kehilangan’ dalam bahasa Kanton. Meski begitu, tak ada larangan untuk membaca buku.

5. Tak boleh belanja sepatu. Berbelanja sepatu dibatasi pada hari pertama. Sebab, kata sepatu merupakan homonim untuk kata ‘sulit’ dalam bahasa Kanton.

6. Tak boleh menangis. Menitikkan air mata dilarang pada hari tahun baru. Sebab itulah anak-anak diampuni dan tak diberi hukuman atas kesalahan yang mereka lakukan pada hari tersebut.

7. Tak boleh duduk di kamar tidur. Menemui siapapun di kamar tidur pada hari tahun baru dianggap sebagai kesialan. Sebab itulah semua orang, bayi dan orang tua yang sakit sekalipun, didandani dan duduk di ruang tamu pada hari tersebut.

8. Tak boleh ada benda tajam. Memegang benda tajam pada hari tahun baru dianggap sebagai hal buruk karena bisa ‘memotong’ hal-hal baik. Gunting dan pisau serta benda taham lainnya disarankan untuk disimpan pada hari sebelumnya.

9. Merah warna yang baik. Pakaian, dekorasi dan ornamen berwarna cerah sangat direkomendasikan pada hari tersebut. Anak-anak menerima uang dalam amplop merah dari orangtuanya, ucapan semoga sehat dan bahagia. Rumah didekorasi dengan warna merah.

10. Kicauan burung pertanda baik. Orang pertama yang Kamu temui pada hari tahun baru itu menentukan seberuntung apa Kamu sepanjang tahun. Mendengar kicauan atau melihat burung yang berkicau dianggap keberuntungan. Apalagi, burung berwarna merah atau burung walet.

kami keluarga besar Keripiku blog dan Rayi.wed.id mengucapkan Gong Xi Fat Choi bagi yang merayakannya, jangan lupa ampau nya :p

via http://veromons.blogspot.com/2012/01/10-tahayul-perayaan-imlek.html#more 


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



1 komentar:


Ide Kado Unik Tahun Baru Imlek on 1 Februari 2016 10.00 mengatakan...

Ternyata pada perayaan tahun baru imlek , ada tahayul juga yah. Lebih baik saling tukar kado unik saja agar tidak terjerumus dalam hal2 tahayul tersebut saat tahun baru imlek.

Poskan Komentar

 

Arsip Blog

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved