Taukahkamu Langit yang Kita Lihat Setiap Malam itu adalah Ilusi (+ Penjelasan)

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

Jika di suatu malam kita menatap langit, apakah yg ada di benak kita?? mungkin ada seribu satu macam pikiran yg bisa muncul. setiap kita pasti berbeda.



Bisa aja ada yg berfikir :"Wew, indah sekali bintang2 yg bertaburan di langit itu." apalagi bagi mereka yg sedang sentimentil' mungkin mereka akan berkata lebih jauh lagi : "seandainya, gw bisa terbang melayang menuju bintang2. akan kupetik ribuan bintang yg gemerlap itu. sungguh bagaikan mimpi yg indah sekali.."

ahhhh... preeet... mari kita kembali ke darat dulu dan tidak ada salahnya untuk mengetahui tentang fakta langit yang setiap hari kita lihat di malam hari itu.

Sebenarnya miliaran bintang itu bukanlah benda2 kecil yg berkelap-kelip. bintang itu sesungguhnya adalah benda langit yg berukuran raksasa, yg berisi gas sedang terbakar dahsyat. bintang adalah bola api raksasa yg sedang menyala2 dgn suhu jutaan derajat!!

terus kenapa keliatan kecil?? ya, karena jaraknya memang sangat jauh dari bumi.
berapakah jaraknya sehingga keliatan kecil bgt?? perlu kamu semua ketahui bintang yang terdekat dengan bumi saja berjarak 8th cahaya. apa artinya?? artinya cahaya saja membutuhkan waktu 8th utk sampai ke bumi..

padahal kita tau bahwa kecepatan cahaya = 300.000 km/detik. jadi jaraknya brp kilo tuh?? itung aja sendiri. jadi kalo cahaya membutuhkan 8th utk sampai ke bumi, berarti jaraknya = 8th x 365 hari x 24 jam x 60 mnt x 60 dtk x 300.000 km/dtk =75.686.400.000.000 km atau sekitar 75triliun km bro..!!!!  sungguh jarak yg tidak pernah terbayangkan oleh kita!

Bisakah kita pergi kesana??? mungkin saja.. tapi, butuh waktu berapa lama??
mari berhitung lagi. semuanya bergantung pad pesawat yg kita pakai. misalnya kita naik pesawat ulang alik seperti Challenger atau columbia yg kecepatannya 20ribu km/h.berapa lamakah kita sampai ke bintang tsb??

Sehari, sebulan, setahun, sepuluh tahun, seratus tahun. kita bakal mati di tengah jalan, ternyata kita blm sampe bintang yg paling dkt itu kita udh mati. setelah 428 th kemudian, barulah kita sampai di sana...!!! tapi kita butuh 5 - 6 generasi biar sampe ke sana  belom lagi bahan bakar pesawat, persediaan makanan, etc

itu baru bintang yg paling deket bro! masih banyak bintang di alam semesta ini, ada yg jaraknya 100th cahaya,1000th cahaya, ada jg yg 1juta th cahaya. dan yg paling jauh, ditemukan oleh ilmuan asal jepang, berjarak 10 miliar th cahaya. ya , artinya cahaya aja butuh waktu 10 miliar th utk sampai ke bumi.

jadi kalo kita liat langit malem2, sebenrnya kita bkn ngeliat langit yg sekarang doang. tapi pd saat yg bersamaan kita sdng melihat langit sekarang, 8th yg lalu, 100th yg lalu, 1000th yg lalu, 1juta th yg lalu, & bahkan 10 miliar th yg lalu....!!!

dan taukah kalian bahwa matahari yg kita liat setiap pagi itu adalah matahari 8 menit yg lalu?? knp demikian? ya, karna sinar matahari membutuhkan waktu 8 menit utk sampai ke bumi, yg berjarak 150 juta km. berarti, matahari yg kita liat ntu adalah matahari 8 menit yg lalu! (kalo gak percaya itung aja sendiri ).

apa lagi kita bro.. usia kita gak ada apa2nya kalo di bandingin sama kebesaran alam semesta ini. bahkan bumi yg kita tinggali bersama miliaran manusia ini jg gak ada apa2nya. bumi ntu kalo diliat dari seluruh alam semesta bagaikan debu di hamparan 'padang pasir' semesta. diatas debu itulah manusia hidup dgn segala aktifitas dan KESOMBONGANNYA!!!
 
via http://www.apasih.com/2012/01/taukahkamu-langit-yang-kita-lihat.html


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:


Posting Komentar

 

Arsip Blog

free counters

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved