8 Mobil Buatan Asli Orang Indonesia Karya Anak Bangsa

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

Indonesia sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di dunia, sudah saatnya memiliki mobil nasionalIndonesia sudah beberapa kali tercatat memiliki mobil nasional, bahkan ada yang suskes di pasaran. yang bisa diandalkan. Melihat ke belakang,

Seperti dikutip tujuhpedia, ada tujuh mobil nasional (plus Esemka Rajawali) yang pernah dikembangkan putra-putra bangsa. Ketujuh mobil tersebut adalah Marlip, Maleo, Gea, Tawon, Komodo, Timor dan Esemka Digdaya, serta tambahan Esemka Rajawali. Bagaimana sejarah delapan mobil tersebut?

1. Marlip
Mobil Marlip
Marlip adalah mobil listrik yang dikembangkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan dipasarkan PT. Marlip Indo Mandiri. Mobil ini digunakan untuk mobil golf, pasien, mobil keamanan. Marlip juga punya varian mobil empat penumpang dengan kecepatan mencapai 50 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 120km. Harga Marlip berkisar antara Rp60 sampai Rp80 juta.

2. Maleo
Mobil Maleo
Maleo mulai dikembangkan pada 1993, dimana saat itu pemerintah mulai berpikir tentang mobil nasional. IPTN sebagai instansi yang ditunjuk, bekerjasama dengan Rover, Inggris dan Millard Design Australia. Sampai pada 1997, IPTN sukses membuat 11 rancangan mobil yang isimewa. Namun karena reformasi 1998, proyek tersebut menjadi sia-sia.

3. Gea
Mobil Gea
Gea adalah proyek mobil nasional hasil riset PT. INKA (Industri Kereta Api) dengan mesin Rusnas (Riset Unggulan Strategis Nasional), yakni mesin berkapastias 640cc. Tujuan Gea adalah memberikan alternatif mobil kecil menghadapi krisis energi. Dilepas dengan harga antara 45 -50 juta, sudah diuji coba hingga 10.000 km dan kecepatan maksimalnya 90 km/jam. Mobil ini sudah sampai tahap uji coba produksi.

4. Tawon
Mobil Tawon
Mobil tawon diproyeksikan menjadi pengganti Bajaj. Diproduksi oleh PT Super Gasindo Indonesia Jaya (GIJ). Tawon adalah mobil nasional yang paling siap dipasarkan. Mobil ini menggunakan bahan bakar gas dengan kapasitas mesin mesin 650cc. Tawon mampu menembus kecepatan 100 km/jam dengan banderol Rp48 juta on the road.

5. Komodo
Mobil Komodo
Salah satu desainer CN-250 Gatotkaca Ibnu Susilo menjadi Head Designer Maleo mengeluarkan desain Komodo. Ini adalah mobil offroad asli Indonesia. Mobil kecil tapi dapat melintasi hutan sejauh 100 km dalam 6-7 jam dengan konsumsi bahan bakar hanya 5 liter. Komodo punya fitur self-recovery yang membuatnya tidak bisa terguling.

6. Timor
Mobil Timor
Timor adalah Teknologi Industri Mobil Rakyat. Timor pernah hits di dekade 90an yang diproduksi PT. Timor Putra Nasional. Sejatinya, mobil ini merupakan mobil KIA Sephia dengan ide mengimpor mobil namun dengan komponen lokal. Bersamaan dengan Timor, hadir Bimantara dengan produknya Bimantara Cakra.

7. Esemka Digdaya
Mobil Esemka Digdaya
Esemka Digdaya adalah proyek mobil nasional yang dikerjakan oleh siswa SMK 1 Singosari Malang. Mobil double kabin ini memiliki mesin 1.500 cc eks Timor. Biaya yang dhabiskan Rp175 juta.

8. Esemka Rajawali
Mobil Esemka Rajawali
Senada dengan Esemka Digdaya, Esemka Rajawali menjadi perbincangan khusus setelah Wali Kota Solo Joko Widodo menggunakan sebagai mobil dinas. Esemka Rajawali bergenre SUV dengan mesin 1.500 cc milik Timor. Mobil ini dilepas dengan banderol Rp75 juta dengan semua fitur-fitur layaknya mobil Jepang.


Via: http:// www.unikaja.com/2012/01/8-mobil-buatan-asli-orang-indonesia.html#ixzz1ixttkvVu


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



6 komentar:


sukague.com on 16 Januari 2012 pukul 16.39 mengatakan...

semoga terus berkembang

mobil bekas on 11 Desember 2012 pukul 13.07 mengatakan...

wah ternyata banyak juga ya mobil buataan indonesia, baru tahu ane, kirain cuma mobil esemka aja, ternayta masih ada 7 mobil lainnya

Rental mobil on 1 April 2013 pukul 16.24 mengatakan...

Sy kira mobil buatan Indonesia itu cuma Timor dan Esemka doank. Ga taunya lumayan banyak juga yaa.
Yang komodo lucu dan unik.
Mantap deh. Maju terus anak bangsa.

Filter Udara Perkins untuk Mobil on 29 Maret 2016 pukul 16.41 mengatakan...

Esemka Rajawali gahar euy
Jadi penasaran perawatan untuk mobil ini berapa jahahahaha
Mulai dari ganti oli, filter, dll
Punya 1 aja, gagah uda wahahahaha syang gak diapresiasi mobil ini di Indonesia hmm

Garcia Shoes on 3 Mei 2017 pukul 17.03 mengatakan...

Mantap , bela negara dengan memakai produk negaranya,Indonesia .

Garcia Shoes on 3 Mei 2017 pukul 17.05 mengatakan...

Mantap , bela negara dengan memakai produk negaranya,Indonesia .

Posting Komentar

 

Arsip Blog

free counters

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved