LG Optimus Pro, HTC One, Samsung Galaxy S4 dan Sony Xperia Z, mana yang terbaik?

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

Sekarang pasti ada yang bingung, dari semua ponsel berukuran +/- 5 inch antara LG Optimus Pro G, HTC One, Samsung Galaxy S4 dan Sony Xperia Z, mana yang layak dibeli?? Kesemuanya punya layar besar dengan resolusi tinggi dan semuanya juga punya prosesor Quad Core, semakin bingung deh milihnya.
Berikut kami tampilkan beberapa hal penting yang bisa jadi pertimbangan untuk memilih ponsel 5 inch anda.


klik gambar untuk memperbesar!!
- Disain, ukuran dan berat
Mengingat LG Optimus Pro G punya layar terbesar yaitu 5,5 inch maka otomatis ukuran dan beratnya juga terbesar (lihat tabel).
Sedangkan yang tertipis adalah Galaxy S4 dan Xperia Z dengan ketebalan hanya 7,9 mm.
Bicara disain yang terkeren, kami rasa banyak yang setuju bahwa HTC One adalah yang terbaik dengan balutan alumuniumnya. Setuju?
- Prosesor dan RAM
Hampir semuanya menggunakan Qulacomm SnapDragon tetapi banyak beda versi, dari yang kami baca SnapDragon seri 600 (S600) adalah yang terbaik saat ini sehingga LG Optimus Pro G dan HTC One bisa disebut pemenang.

Tetapi jangan salah, di Samsung juga menawarkan versi Octa Core yaitu 8 core yang secara teori 8 otak lebih cepat dari 4 otak, hanya saja kita belum tahu sejauh mana kehebatannya.
Untuk memori RAM sendiri semuanya sama yaitu 2 GB.
- Memori internal
Besar atau tidaknya kapasitas memori internal kadang tidak terlalu penting apabila ponsel masih menyediakan slot untuk kartu memori tambahan (microSD), kecuali HTC One yang tidak menyediakan slot microSD yang artinya anda harus puas dengan maksimal 64 GB.

Apakah 64 GB cukup? Sejauh ini kami sih pakai bukan untuk simpan video, jadi sudah lebih dari cukup bahkan dengan 32 GB. 
- Layar
Semuanya menawarkan resolusi layar Full HD (1920x1080p), yang membedakannya adalah ketajaman layar dimana salah satu faktor ketajaman layar diukur dengan ppi (pixel per inch).

Kalau berdasarkan ppi maka HTC One adalah pemenangnya dengan 468 ppi.
Pertanyaannya apakah beda 20-30 ppi itu akan bisa terlihat jauh?
Agak sulit kalau menurut kami sih tetapi mungkin kalau lihat tulisan mungkin baru bisa terasa tapi tetap diatas 400 ppi sebenarnya sudah sangat baik.

Sedangkan dari segi ukuran layar itu sendiri, disini Optimus Pro G menawarkan yang terbesar yaitu 5,5 inch, di satu sisi semakin besar ukuran layar semakin nyaman untuk dilihat tetapi di sisi lain membuat ukuran ponsel secara keseluruhan menjadi lebih besar dan berat.
- Sistim Operasi (OS)
Semuanya menggunakan Android dan walaupun mungkin beda versi tetapi kami yakin semuanya akan sama pada akhirnya jadi ini mungkin tidak perlu diperdebatkan.

Kecuali untuk aplikasi tambahan buatan masing-masing pabrikan maka ini baru bisa dijadikan pertimbangan dan pengalaman kami, Samsung selalu punya aplikasi yang inovatif dan user friendly dibandingkan lainnya.
- Kamera
Hampir semuanya menawarkan 13 MP kecuali HTC One yang hanya menawarkan 4 MP tetapi disini HTC menawarkan teknologi Ultrapixel yang menjanjikan kualitas foto lebih baik dibandingkan sensor lainnya.

Bagaimana dengan sesama 13 MP, terutama antara sensor jenis Exmor Rs untuk Sony dengan BSI untuk Samsung dan LG? Dari yang pernah kami rasakan, biar bagaimanapun sensor Sony masih yang terbaik untuk masalah ketajaman gambar tapi itu menurut kami loh. 
- Speaker
Walaupun belum bisa dibuktikan tetapi HTC One yang punya 2 speaker di bagian depan tentunya dan seharusnya menjanjikan kualitas suara yang baik dan juga kencang.

Penempatan kedua speaker di bagian depan juga sangat penting karena kalau taruh di belakang itu biasanya suara jadi kurang kencang karena tertutup permukaan meja atau lainnya (dengan kondisi taruhnya layar menghadap ke atas).
- Fitur-fitur
Masing-masing punya keunggulan dan agak sulit untuk bicara yang satu ini, misal saja untuk Xperia Z yang satu-satunya ponsel anti air diantara 4 ponsel ini tetapi mungkin saja banyak yang bilang tidak perlu, emang ponselnya mau diajak mandi. 

Jadi soal ini kami kembalikan ke masing-masing pribadi.
-Kesimpulan
Mana yang terbaik tentu saja sangat relatif dan setiap orang punya selera yang berbeda-beda tetapi kami pribadi kalau disuruh memilih maka pilihan kami adalah Sony Xperia Z dengan satu alasan kualitas kameranya yang menjanjikan (berdasarkan pengalaman menggunakan Xperia)

Okay, kami yakin banyak yang tidak setuju makanya ini kembali ke pribadi masing-masing tetapi alasan kami sangat sederhana, belakangan sudah malas untuk mengambil foto dengan kamera digital apalagi bawa DSLR jadi ponsel yang punya kualitas kamera yang baik tentu sangat membantu.
Kalau dari sisi pemakaian sehari-hari kami yakin semuanya tidak jauh berbeda. 

Oh iya, bicara harga nih, kalau engga salah Sony Xperia Z sudah dijual di Indonesia dengan harga Rp. 7,5 juta (CMIIW) dan kami yakin lainnya juga akan berada di kisaran 7 jutaan. 
Terakhir, kok Otakku belum beli?? Tunggu rejeki datang yah!! 
 
via http://www.otakku.com/2013/03/15/lg-optimus-pro-htc-one-samsung-galaxy-s4-dan-sony-xperia-z-mana-yang-terbaik/


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



1 komentar:


rajan on 19 Februari 2016 18.01 mengatakan...

Great information
Idea offers a range of Postpaid plans to suit your needs. Choose talk time offers, 2.75G service, Special Tariff Vouchers and plans.

Poskan Komentar

 

Arsip Blog

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved