Mengapa Aplikasi Populer Selalu Muncul di iOS Terlebih

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

Sekalipun ada lebih banyak ponsel Android daripada iPhone di Amerika, jumlah serta variasi aplikasi yang ada untuk platform Android bisa terbilang tertinggal jika dibandingkan iOS. Para pengguna Android bahkan tak jarang harus menunggu sebuah aplikasi populer seperti Instagram atau Pinterest selama setahun terlebih dahulu untuk bisa memainkannya di perangkat mereka, jauh tertinggal daripada pengguna di platform iOS yang telah bisa menikmatinya jauh-jauh hari.

Untuk mengetahui alasannya, Flurry Analytics membantu Anda menjawabnya. Lembaga riset ini baru saja merilis sebuah laporan yang menjelaskan sebab akibat di balik masalah ini, sambil memaparkan beratnya tantangan yang harus dihadapi para developer. Laporan tersebut juga menceritakan bagaimana aplikasi Android akan kesulitan mengejar ketertinggalannya, dan para developer kecil yang ingin menghadirkan aplikasi mereka untuk kedua platform tersebut bakal susah bersaing.

Salah seorang developer asal Swedia yaitu Johan Emil Johansson mengatakan bahwa para developer aplikasi paling tidak harus bisa menjual 50 buah aplikasi seharga $1 per download setiap jamnya, selama 24 jam penuh, untuk menyambung hidup mereka. Aplikasi baru jelas membutuhkan biaya mahal dalam pembuatannya, apalagi menghadapi pesatnya pertumbuhan model-model perangkat baru.

Masalah utama yang dihadapi oleh para developer tersebut senantiasa berkutat dengan besarnya variasi dari jumlah perangkat yang ada. Flurry mencatat bahwa paling tidak ada 331 macam smartphone dan tablet yang harus ditulis codingnya jika mereka menginginkan aplikasi mereka tersedia di 90 persen perangkat yang beredar di pasaran.

Jika jumlah tersebut Anda rasa terlalu besar, Flurry menghitung bahwa para developer masih harus membuat 18 versi coding yang berbeda untuk 18 macam perangkat, dan jumlah tersebut baru mencapai 50 persen variasi perangkat yang ada. Perhitungan tersebut masih belum selesai karena para developer masih harus menyesuaikan aplikasi mereka untuk bermacam-macam versi OS. Misalnya: pengguna iPhone 4 bisa saja menggunakan iOS 4, 5 atau 6.

Namun perlu dicatat bahwa platform iOS hanya mewakili jumlah ponsel serta variasi OS yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan Android. Jumlah yang lebih sedikit tersebut bisa dibaca sebagai jam kerja yang juga jauh lebih sedikit bagi para programmer yang keuangannya masih pas-pasan (untuk standar Amerika).

Flurry juga menemukan fakta bahwa jumlah insentif yang diterima para developer untuk mengembangkan sebuah aplikasi iOS jauh lebih besar daripada Android. Flurry mengatakan bahwa jika mempertimbangkan seberapa sering sebuah aplikasi digunakan, 1 orang pengguna iPhone setara dengan 14 orang pengguna Android. Ketika perbandingan tersebut dikhususkan terhadap pengguna Samsung, 1 orang pengguna iOS setara dengan 7 orang pengguna perangkat buatan Samsung.
Well, melihat kenyataan ini, jangan salahkan para developer jika mereka lebih memprioritaskan platform iOS daripada Android ;)

via http://android.gopego.com/2013/03/mengapa-aplikasi-populer-senantiasa-muncul-di-ios-terlebih-dahulu-baru-android


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:


Poskan Komentar

 

Arsip Blog

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved