download game asli dari Indonesia

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini


mungkin beberapa orang belum tahu 
kalau indonesia sudah lumayan lama membuat game
nah buat kalian yang belum punya bisa didownload secara cuma cuma

sedikit deskripsinya? 

ASAL MULA DIVINE KIDS ASSOCIATES  
KOMPETISI DUNIA GAME : Dunia Game di seluruh dunia didominasi oleh game dari Amerika dan Jepang, termasuk di Indonesia juga. Melihat keadaan Cina, Korea, Hongkong yang juga ingin membangkitkan game dalam negeri mereka, Divine Kids Associates (DKA) mencoba ikut ambil bagian. DKA mengakui bahwa game-game asing jauh lebih bagus dari game yang dibuatnya, mereka jauh lebih proffesional dan hasilnya jauh lebih mantap. Untuk menyaingi game asing pasti sangatlah berat, tetapi kalau tidak dimulai dari sekarang, ya kapan lagi?  

TENTANG GAME PERTAMA INDONESIA :
Kenapa game Divine Kids  ini disebut yang pertama? Apa sebelumnya tidak ada game Indonesia? Katanya David mengakui sebelum dirinya telah banyak orang-orang di Indonesia telah membuat game, tetapi kenapa DIVINE KIDS disebut Game Pertama Indonesia?

Dari pertama komputer diciptakan dan masuk di Indonesia sampai sekarang, David yakin pasti ada beberapa orang di Indonesia yang pernah membuat game. Game-game  tsb dibuat menggunakan komputer sebelum era prossor pentium seperti sekarang.

David sendiri membuat game pesawat "SIEGE" (tahun 1992) dengan program GWBASIC secara underground sewaktu SMA.Game ini dibagikan ke teman-teman sendiri karena hobby.
Sewaktu SMA dan sedang membuat game tersebut, David pun mendengar ada game Indonesia, meski tidak melihat secara langsung. Yang dia mainkan adalah game-game asing.

(saat itu sebenarnya sudah ada beberapa game Indonesia, walau karakternya diambil dari karakter asing seperti Street Fighter atau Dragon Ball, atau karakter komik Amerika, atau game yang tersebar terbatas seperti SIEGE buatan David tersebut. Game berbahasa Inggris, ada juga terjemahan dari game asing buatan WNA, ada juga game editan dari game asing, dll. Apakah game tersebut bisa disebut Game Pertama Indonesia nantinya? Misalkan : Dragon Ball - Game Pertama Indonesia???)

Di mata David waktu menjadi komikus bahwa komik dan game Indonesia kurang berkembang, kurang bergairah, kurang dikenal masyarakat. David yang merupakan pembuat komik dan game underground merasa geregetan melihat hal ini. Apa yang bisa seorang David lakukan? SMA saja baru lulus....

Sewaktu kuliah di ARO Leprindo (D3 Kedokteran Optik Mata), langkah awal meski berat dan diejek-ejek, akhirnya komik Solid Kids yang awalnya underground (dibaca teman-teman kalangan sendiri) bisa diangkat muncul diterbitkan ke umum....Tentunya melalui perjuangan.

Bagaimana dengan game? David merasa tidak bisa membuat game kalau kuliah di situ (karena memang tidak diajarkan buat game di kedokteran).Akhrinya mengambil kuliah di FSRD Univ.Tarumanagara, belajar tentang desain sambil mempelajari logika pemrograman. Game undergroundnya yang semula hanya disimpan :  DIVINE KIDS bisa terbit dan dibagi ke umum, pertama kali di majalah  CHIP. David benar-benar bertekad mulai detik ini untuk membantu mengangkat Game  Indonesia yang kurang berkembang. Dia yakin banyak orang bertekad sama mau memajukan game Indonesia.

Setelah beberapa game dibuat, David mulai berpikir untuk membangun fondasi untuk game "Divine Kids" nya. Pertama adalah rasa peduli akan Hukum dan Hak atas Kekayaan Intelektual. Didaftarkanlah karakter-karakter dan logo  Divine Kids. Modalnya berasal dari tabungan kerja part timenya semasa kuliah. Mungkin jarang waktu itu orang menciptakan game orisinal ditambah mendaftarkan gamenya ke Ditjen HAKI. David bertekad memajukan game Indonesia mulai detik itu. Dengan strategi marketting dan ilmu desain yang dipelajari di kampus, David mencoba membuat suatu promosi untuk Divine Kids supaya dikenal. Strategi promosi dicari yang bisa mengejutkan dan menarik untuk disimak! Strategi goalnya berharap : Masyarakat Indonesia secara luas tahu Game Indoenesia itu ada!

Semarang,  27 Januari 2005, Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan award kepada David "Pembuat Game Pertama di Indonesia (Divine Kids)". Disini disahkan 2 hal secara resmi bahwa David Setiabudi adalah pembuat game pertama Indonesia dan Serial Game Divine Kids sebagai Game Pertama Indonesia. Award diserahkan secara langsung oleh Bpk.Jaya Suparna, pendiri MURI. Dihadiri juga oleh Kak Seto Mulyadi yang mendukung David terus menerus sejak pertama kali skripsi tentang game.

Ada Pro dan Kontra tentang Game Pertama Indonesia (GPI) ini : ada satu pendapat yang mengatakan bahwa tahun pembuatan game-game Divine Kids tersebut adalah 2003-2004, padahal ada game-game Indonesia di tahun sebelumnya meski karakternya dari Jepang atau Amerika, yang penting TAHUNNYA LEBIH LAMA. Ada yang bilang yang penting game berbahasa Indonesia, buatan WNA atau terjemahan dari game asing pun tidak masalah. Banyak sekali pandangan tentang tingkat kepantasan menyandang GPI itu.
MURI dan beberapa majalah game proffesional di Indonesia, dengan kebijakan masing-masing mereka (bisa dari segi karakter orisinal Indonesia, bahasa Indonesia, luas penyebarannya, WNI, dan lain-lainnya) telah memilih Divine Kids sebagai Game Pertama Indonesia.
Dalam memutuskan Serial game Divine Kids sebagai GPI, MURI dan redaksi-redaksi majalah game proffesional TIDAK ADA SOGOKAN/ KKN.
Jika ada individu yang merasa game lainnya lebih pantas menyandang GPI, maka itu terserah kepada individu masing-masing.
Perkembangan dilakukan terus...tidak mungkin game Indonesia dikembangkan hanya dengan 1 atau beberapa tenaga. Maka dari itu dibentuk wadah Divine Kids Associates yang welcome buat pembuat game siapa saja. Memang game yang dibuat masih jauuuh dari game asing; Tetapi titik awal ini diharapkan dapat menjadi besar, Berhasil tidaknya Divine Kids Associates yang ingin membawa kemajuan game Indonesia  tergantung pada dukungan negara, media massa, penanam modal, rekan sejawat, dan gamer Indonesia.
"Game Pertama Indonesia", merupakan titik awal perkembangan game Indonesia modern, roda perkembangan game Indonesia yang statis dan banyak orang tidak tahu tentang keberadaan game Indonesia, dikejutkan awalnya dengan adanya pro dan kontra GPI, kemudian masyarakat mulai sadar akan keberadaan Game Indonesia, kemudian orang akan berlomba-lomba membuat game Indonesia, dan akhirnya diharapkan dapat bersaing dengan game-game asing. Demikianlah harapan dan rencana David Setiabudi memajukan game Indonesia.
Sejak MURI dan redaksi-redaksi majalah game tersebut membukakan mata Indonesia, kini kita dapat melihat adanya banyak event perlombaan-perlombaan membuat game Indonesia, stasiun TV yang mulai meliput game-game Indonesia, gairah membuat game meningkat, dan lain-lain. Semoga perkembangan dinamis game Indonesia berlangsung terus menerus.

nah semakin penasaran mau download gamenya?
langsung saja ke


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



2 komentar:


indonesian lawyer on 3 September 2013 pukul 09.39 mengatakan...

satu lagi game buatan indonesia yang akan segera mendunia, mudah-mudahan ini merupakan titik awal perkembangan game Indonesia modernam

Blog SEO Indonesia on 22 Desember 2015 pukul 15.36 mengatakan...

Game karya anak Indonesia ya? Kayaknye keren nih wkwkwkw brb download ah, sekali-kali cobain game buatan anak bangsa wkwkwkwkwkw

Posting Komentar

 

Arsip Blog

free counters

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved