Facebook Luncurkan Facebook Places

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

Akhirnya Facebook secara resmi mengumumkan fitur berbasis lokasi mereka, Facebook Places, yang memungkinkan pengguna untuk membagikan informasi tentang dimana Anda sekarang berada pada teman atau relasi Anda secara real time lewat perangkat bergerak.


Saat ini Facebook Places baru tersedia untuk para pengguna Facebook di United States saja, tetapi Facebook menjelaskan bahwa mereka akan segera menambahkan jumlah negara yang bisa mengakses Facebook Places.
Facebook Places juga baru bisa diakses melalui aplikasi terbaru dari Facebook iPhone App atau touch.facebook.com untuk ponsel yang mendukung HTML 5 serta geolocation.

Apa saja yang bisa dilakukan pengguna dengan fitur lokasi dari Facebook ini? Dari rilis resmi mereka, Facebook mengatakan bahwa setelah pengguna mengakses Facebook dari iPhone Facebook App atau touch.facebook.com, mereka tinggal melakukan tap pada tombol ‘Check in’, setelah itu pengguna akan melihat daftar lokasi yang ada disekitar mereka.
Pengguna bisa langsung melakukan check in atas lokasi tertentu atau melakukan pencarian jika lokasi yang diinginkan tidak muncul.

Setelah melakukan check in maka aktivitas ini akan muncul di News Feed serta di aktivitas terbaru di halaman web dari lokasi tersebut.
Akan ada area bernama ‘People Here Now’ yang memungkinkan pengguna untuk melihat pengguna lain yang melakukan check in di lokasi yang sama.
Area ini akan muncul pada waktu tertentu dan hanya pada pengguna yang berada di lokasi yang sama. Facebook juga memberikan fasilitas tag pada fitur Places ini seperti yang kini bisa dilakukan pada status atau foto.

Untuk masalah privasi, Facebook menjelaskan bahwa pengguna punya kontrol penuh atas fitur lokasi ini, karena mereka bisa mengatur dan memilih dengan siapa mereka akan berbagi lokasi.
Sama juga dengan fitur tag, pengguna bisa melakukan tag hanya jika pengaturan mereka mengijinkan hal ini, dan mereka yang mendapatkan tag akan mendapatkan notifikasi baik di akun Facebook maupun di perangkat bergerak yang digunakan.

Dan untuk masalah privasi dari aplikasi pihak ketiga, seperti halnya yang telah berjalan saat ini, aplikasi yang berhubungan dengan Facebook Places ini juga harus mendapatkan persetujuan dari pengguna sebelum bisa mengakses informasi dari akun pengguna

Seperti yang dituliskan TechCrunch, Facebook Places ini dikatakan oleh Mark Zuckerberg bertujuan untuk membantu pengguna dalam membagikan informasi tentang dimana lokasi mereka berada pada relasi yang ada di Facebook, membantu untuk melihat siapa saja yang berada di lokasi yang sama pada waktu yang bersamaan, serta melihat kejadian apa saja yang terjadi di dekat pengguna tertentu.

Facebook juga dikabarkan akan bekerjasama dengan layanan berbasis lokasi lain seperti Foursquare, Gowalla, Yelp dan Booyah, yang masing-masing akan menerapkan integrasi layanan mereka dengan Facebook Places.

Dari tujuan fungsi layanan lokasi Facebook ini, bagi saya sebenarnya menarik, dengan pengguna yang cukup luas, selain melihat aktivitas pengguna lain nantinya kita bisa memudahkan untuk melakukan pertemuan dengan relasi tertentu, atau kita bisa bertemu dengan teman lama di sebuah tempat yang kebetulan sedang sama-sama didatangi. Artinya untuk mendukung produktivitas, jejaring sosial sebenarnya bisa dimaksimalkan, namun tidak semua pengguna menggunakan Facebook dengan tujuan yang sama.

Jumlah pengguna yang kini mencapai 500 juta adalah jumlah yang besar, dan didalamnya ada berbagai macam tipe pengguna yang masing-masing punya tujuan mereka sendiri. Namun tetap saja menarik untuk melihat bagaimana pengguna akan memanfaatkan fitur lokasi dari Facebook ini, di satu sisi ada yang perhatian dengan masalah privasi, tetapi di sisi lain, saya yakin akan ada juga pengguna yang dengan senang hati membagikan informasi tentang lokasi dimana mereka berada pada jaringan mereka di Facebook dan dunia. Belum lagi peluang yang bisa didapatkan dari sisi bisnis, misalnya check in di tempat makan atau lokasi bisnis lain.

Sebagai salah satu penguna Facebook yang cukup masif serta pengadopsi layanan berbasis lokasi yang cukup besar, salah satunya atas Foursquare, terus terang saya tidak sabar untuk melihat fitur lokasi Facebook ini digunakan bagi pengguna Indonesia. Apakah fitur ini akan menggeser popularitas pengguna Foursquare di Indonesia atau akan saling mendukung, karena toh mereka juga menjalin kerjasama, dan bagaimankah efeknya atas layanan berbasis lokasi lain, misalnya Koprol?

Meski belum bisa menggunakan layanan lokasi dari Facebook, tetapi sepertinya akan cukup menarik untuk membicarakan kemungkinan adaptasi fitur lokasi ini di Indonesia, bagaimana pendapat Anda? Apakah Facebook Places akan diadaptasi dengan masif oleh pengguna Facebook lokal? Bagaimana dengan layanan sejenis yang tidak bekerjasama dengan Facebook, misalnya seperti Koprol?

referensi http://dailysocial.net/2010


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:


Posting Komentar

 

Arsip Blog

free counters

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved