Gempa Awali Semburan Asap Tebal Gunung Sinabung

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

ANTARA/Irsan Mulyadi/rj
MEDAN--MI: Gunung Sinabung yang berlokasi di Desa Merdinding, Kecamatan Payung, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, Senin (30/8) sekitar pukul 06.30 WIB, kembali menyemburkan asap tebal hitam, dan membuat takut warga di kaki gunung itu.

Seorang warga Kabanjahe Irfin Dian, 35, mengatakan, sebelum gunung berapi mengeluarkan asap hitam itu, terjadi gempa selama lima menit.

Dian mengatakan, gempa yang terjadi secara-tiba itu, cukup dirasakan warga di Kota Kabanjahe ibu kota kabupaten Tanah Karo. Gempa itu juga mengagetkan warga setempat yang baru saja melakukan sahur dan melaksanakan Shalat Subuh . Bahkan, sebahagian warga Kabanjahe itu lari berhamburan ke luar rumah setelah mengetahui adanya gempa tersebut.

"Ini mungkin untuk menjaga hal-hal yang tidak diingini," kata pengusaha rumah makan itu.

Ketakutan
Seorang warga Kabanjahe lainnya, Om Gunung, 50, mengakui, merasa cemas dan ketakutan setelah terjadinya gempa selama lima menit, sebelum Gunung Sinabung itu mengeluarkan asap tebal bercampur debu vulkanik.

"Saya sempat merasakan getaran gempa itu dan lutut saya ini seperti tidak bisa digerakkan pada saat kejadian tersebut," katanya.

Menurutnya, memperkirakan getaran gempa tersebut cukup cukup keras, karena jarak Gunung Sinabung dengan Kota Kabanjahe cukup jauh sekitar lebih kurang 25 km. Namun demikin, jelasnya, getaran gempa yang terjadi di Gunung Sinabung itu bisa dirasakan hingga ke Kota Kabanjahe.

"Ini benar-benar luar biasa, dan bagaimana pula bagi warga yang tinggal di bawah kaki Gunung Sinabung itu, dan tentunya getaran yang dirasakan lebih kuat lagi.Ini perlu diwaspadai dan hati-hati," katanya. (Ant/rj/OL-4)

sumber http://www.mediaindonesia.com/read/2010/08/30/165500/126/101/Gempa-Awali-Semburan-Asap-Tebal-Gunung-Sinabung-


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:


Posting Komentar

 

Arsip Blog

free counters

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved