Tips Hemat Bensin Saat Mudik dengan Mobil Pribadi

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

img
Dok. Thinkstock
 
Jakarta - Mobil pribadi bisa jadi salah satu alternatif kendaraan saat mudik. Selain bebas beristirahat kapan dan di mana saja, Anda juga punya banyak waktu untuk lebih dekat dengan keluarga selama perjalanan.

Namun, keliling kota dengan kendaraan pribadi harus memiliki perencanaan yang matang, termasuk pemakaian bahan bakar. Jangan sampai anggaran mudik Anda jadi minim karena banyak terbuang di bahan bakar. Hindari lima kesalahan ini yang bisa membuat bahan bakar Anda cepat habis, seperti dikutip dari Budget Travel.

1. Menyetir Terlalu Cepat
Semakin Anda menambah kecepatan laju mobil, akan semakin cepat juga bahan bakar yang terbuang. Anda dan keluarga mungkin ingin cepat sampai tujuan, tapi cobalah nikmati kebersamaan dan pemandangan di sisi kanan-kiri jalan. Jika tidak terburu waktu, coba berkendara tidak lebih cepat dari 96 km/jam (di jalan raya).

Saat mulai mengemudikan mobil setelah macet, hindari menginjak pedal gas terlalu kencang. Percepat laju mobil dengan perlahan dan bertahap, cara ini akan menghemat penggunaan bahan bakar hingga 5 persen. Usahakan selalu berada dalam kecepatan yang stabil.

2. Penggunaan AC yang Tidak Tepat
Perlukah menyalakan air conditioner (AC) selama perjalanan? Saran dari para ahli otomotif, itu tergantung dari seberapa cepat Anda melajukan mobil. Mesin mobil biasanya harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkan udara dingin dari AC, dan itu pasti membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Untuk menghemat pengeluaran bensin, matikan AC saat Anda berkendara dengan kecepatan rendah.

Akan lebih baik bila Anda tidak menggunakan AC sama sekali selama perjalanan. Tapi jika kondisinya tidak memungkinkan, nyalakan AC saat di kemacetan atau dalam laju kecepatan tinggi. Satu hal yang perlu diingat, jangan membuka jendela saat AC dinyalakan. Selain tidak baik untuk pertukaran udara, kebiasaan buruk ini bisa membuat AC cepat rusak.

3. Terlalu Banyak Barang Bawaan di Atas Mobil
Kebiasaan para pemudik saat berkendara dengan mobil, adalah menaruh terlalu banyak barang di atasnya. Ternyata, cara ini membuat bensin lebih boros. Barang-barang yang ada di atas mobil meningkatkan tekanan angin, mengurangi aerodinamik pada mobil dan mengikis bahan bakar hingga 5%.

Menempatkan terlalu banyak barang di dalam mobil juga sama borosnya. Barang yang beratnya mendekati kapasitas muatan membuat laju mobil lebih berat, menghabiskan tenaga dan bahan bakar. Untuk itu, kemaslah barang-barang seminimal mungkin

4. Memanaskan Mobil Terlalu Lama
Hilangkan kebiasaan memanaskan mesin mobil terlalu lama, jika Anda ingin menghemat bensin selama perjalanan jauh. Memanaskan mesin mobil hanya perlu waktu paling lama 30 detik, bukan 10-15 menit sebelum berangkat. Sebaiknya tidak menyalakan AC saat memanaskan mobil.

5. Terlalu Banyak Berhenti
Saat mudik, memang disarankan untuk berhenti beberapa kali untuk beristirahat. Tapi hindari memberhentikan mobil terlalu sering. Terlalu sering menghidupkan-mematikan mesin mobil, akan membuat bensin lebih cepat habis. Lebih baik menyediakan waktu lebih lama untuk beristirahat selama perjalanan, dari pada sebentar-sebentar berhenti.


via http://www.wolipop.com/read/2011/08/23/103257/1708984/859/tips-hemat-bensin-saat-mudik-dengan-mobil-pribadi?w991100most


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



4 komentar:


Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia on 7 September 2011 pukul 15.06 mengatakan...

terlalu banyak bawaan diatas mobil juga berpengaruh pada bensin ya bro? baru tahu aku, ada hubungannya barang bawaan dengan hemat bensin

Rental AC Jakarta on 12 Maret 2014 pukul 10.42 mengatakan...

Betul itu. Penggunaan AC harus disesuaikan dengan kebutuhan. Diusahakan menyalakan AC jika udara panas atau lambat dalam perjalanan.

Air Conditioner for Rent on 16 Januari 2015 pukul 11.53 mengatakan...

Kadang yang namanya AC atau air conditioner bisa menyebabkan mobil kita boros bensin loh. Ada baiknya AC di mobil dimatikan secara berkala supaya hemat dan tidak terlalu sering mengisi bensin.

jasa rental mobil jakarta utara on 15 September 2015 pukul 16.20 mengatakan...

Wah tipsnya boleh nih saya ikutin, biar kalo lagi pake jasa rental mobil, mobilnya bisa irit bbm. Di update lagi dong artikel lainnya seputar tentang mobil lagi...

Posting Komentar

 

Arsip Blog

free counters

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved