10 Fakta Menarik Seputar Boyband dan Girlband Korea

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini


1. Semua Girlband dan Boyband Korea memiliki leader (pemimpin)
Dan biasanya yang dijadikan leader itu adalah personil tertua di grup atau personil yang punya bakat kepemimpinan walaupun dia bukan anggota tertua di grup. Contoh untuk personel yang dijadikan leader karena dia paling tua, Leeteuk di Super Junior (gambar dibawah), Leeteuk pernah mengaku paling tua di suatu interview, entah bercanda atau gak, Onew di SHINee, dan lain-lain. Contoh untuk personel yang dijadikan leader bukan karena dia anggota tertua, kayak G-Dragon di Big Bang, Tae Yeon di SNSD (Girl Generation), Choi Jong Hoon di FT Island, U-Know Yunhoo di TVXQ, dan CL dari 2NE1.





Apa sih persamaan dari leader-leader ini? G-Dragon, U-Know Yunho, Leeteuk, Yoon Doo Joon, CL, Sun Ye? Yup, semua leader ini bergolongan darah A, rata-rata Boyband/ Girlband Korea memang mempunyai leader yang bergolongan darah A. Ada kabar yang menyebutkan kalau manajemen artis di Korea memang menetapkan aturan bahwa leader dari suatu grup (baik boyaband ataupun girlband) harus bergolongan darah A. Orang bergolongan darah A cenderung stabil, penuh kharisma, bertanggung jawab serta selalu mengikuti aturan, mungkin maksudnya disiplin dan pembawaannya tenang. Mau tahu lebih jauh tentang sifat seseorang berdasarkan golongan darah? bisa klik disini



2. Semua Girlband dan Boyband Korea memiliki Maknae
Maknae sebuah grup harus lucu, mungkin terlihat memaksa ya? Tetapi memang begitu kenyataannya, maknae dari suatu grup biasanya bersikap konyol atau bodoh. Contoh maknae yang konyol yaitu Seungri Big Bang (gambar dibawah) sama Mir MBLAQ, gak ketinggalan juga maknae Super Junior si Kyuhyun. Seungri terkenal dengan ke-pede-annya yang tingkat tinggi, dan hyung-hyung (senior)nya selalu ngakak kalo si Seungri itu lagi ngomong pede banget depan kamera alias narsis. Mir pun selalu jadi bahan ketawaan hyung-nya kalo dia nyeletuk hal yang aneh-aneh.



Manajemen memilih maknae secara khusus, jadi ada aturan tertentu yang dilakukan manajemen artis dalam memilih seorang maknae untuk sebuah grup. Manajemen artis Korea akan memilih seseorang untuk dijadikan maknae suatu grup berdasarkan kulit dan wajahnya! Jadi orang yang dipilih untuk menjadi maknae itu harus punya kulit susu dan wajah baby face. Kemudian apabila orang itu punya kriteria kulit susu dan wajah baby face yang sesuai, barulah manajemen melihat bakatnya. Pantes, rata-rata maknae wajahnya imut-imut!

Maknae biasanya dipilih terakhir. Untuk bergabung ke suatu grup, biasanya manajemen akan memilih maknae di urutan terakhir. Karena alasan khusus yang disebutin diatas tadi, makanya terkadang manajemen kesulitan buat milih maknae dari suatu grup. Karena maknae biasanya ditempati orang-orang spesial, entah karena penampilannya ataupun bakatnya. Contoh : Taemin dari SHINee (gambar dibawah), Seohyun dari SNSD (Girl Generation), Song Dong Woon dari B2ST, Seungri dari Big Bang, Sohyun dari 4Minute, Jiyeon dari T-Ara.





Maknae tidak pernah segan membantu hyung-hyung atau unnie-unnie nya dalam mengerjakan sesuatu. Kalo hyung-hyung atao unnie-unnie nya sedang repot, maknae selalu ringan tangan untuk membantu. Bahkan terkadang dalam suatu grup, si maknae inilah yang paling rajin untuk melakukan pekerjaan dalam suatu dorm. Misal, Chansung 2PM (gambar dibawah) yang membersihkan bekas makan hyung nya atau Seungri Big Bang yang rela jalan kaki untuk membelikan hyungnya minum.



Kalo maknae terkenal, memberikan keuntungan untuk popularitas grup. Banyak manajemen artis yang menonjolkan leader grup untuk meningkatkan popularitas grup, tapi seiring berjalannya waktu manajemen artis idola ini akan menonjolkan maknae dalam grup itu untuk meningkatkan popularitas grup. Banyak maknae yang berhasil dalam hal ini. Contoh : Dongho U-KISS yang telah tampil di berbagai variety show, Jiyeon T-Ara yang sukses dengan aktingnya, Seohyun SNSD (gambar dibawah) dengan We Got Married-nya, dan banyak contoh lainnya. Imbas kepopuleran mereka juga dirasakan oleh grup mereka.





3. Harus ada personel yang menonjol di grup
Dalam suatu grup idola, pasti ada satu atau dua orang yang lebih menonjol ketimbang personel lainnya, entah itu leader, maknae atau bukan. Personel yang menonjol ini biasanya mendapat perhatian lebih dari publik entah karena personalitynya atau keahliannya. Contoh: G-Dragon Big Bang (gambar dibawah) karena fashionistanya, Heechul Super Junior karena kepribadiannya yang unik, Lee Gi Kwang B2ST karena kepopulerannya sebelum bergabung di B2ST, Yoona SNSD (Girl Generation) karena kecantikannya dan masih banyak contoh lain.





4. Biasanya di suatu grup boyband/girlband Korea, main/lead vocalist tidak tampak menonjol
Suara para main vocalist ini udah gak usah diragukan lagi deh, sudah pasti keren banget! Tapi terkadang mereka gak terlalu dapet perhatian lebih dari publik karena mereka kurang menonjol dibandingkan dengan personil lain di grup mereka. Kadang nasib mereka menyedihkan, sudah gak pernah dapet perhatian layak, kadang kalo grup tampil dengan jelek, si vokalis utamanya inilah yang kena sasaran.

Publik akan menyalahkan lead vocalist mereka kalo grup tampil dengan suara pas-pasan ato buruk saat show. Contoh beberapa vokalis utama di grup tapi gak terlalu mendapat perhatian publik: Yesung dari Super Junior, Taeyeon (gambar dibawah) dari SNSD dan masih banyak lagi.



5. Kepopuleran suatu Boyband/ Girlband gak cuma ditunjang karena bernyanyi
Suatu grup idola di Korea akan semakin melambung namanya kalo mereka tidak hanya bisa bernyanyi, tapi juga melakukan kegiatan entertainment lainnya. Contohnya aja membintangi sebuah iklan, jadi endorse suatu produk atau punya reality show. Banyak contoh buat ini, misal Big Bang yang jadi endorse FILA, iklan LG Lollipop ato tampil di 1N2D (1Night 2 Days), Super Junior yang banyak tampil di reality show seperti Full House, iklan Kyoochon Chicken, dan endorse SPAO. Reality show seperti Hello Baby (SNSD dengan SHINee), Idol Maid (B2ST), Idol Army (FT Island dan MBLAQ). Kegiatan diluar bernyanyi semakin meningkatkan popularitas grup-grup idola ini di industri hiburan Korea.



6. Sedikitnya ada satu personel dari suatu grup idola yang terjun ke dunia akting atau MC
Setelah mereka cukup puas dengan menyanyi, beberapa personel dari suatu grup idola biasanya akan merambah ke dunia akting atau MC. Beberapa mereka pasti sukses dengan debut mereka di dunia akting atau MC ini. Rating tayangan mereka juga sering menduduki posisi tinggi. Ini dikarenakan mereka telah terkenal sebagai personel dari suatu grup idola, maka saat kemunculan mereka sebagai aktor/aktris atau MC sangatlah ditunggu fans setia mereka.

Terkadang ini dijadikan strategi bagi produser-produser Korea untuk mendapatkan rating tinggi bagi tayangan mereka. Contoh personel grup idola yang sukses dengan karirnya selain di bidang menyanyi: TOP Big Bang, Onew SHINee, Leeteuk SuJu, Jiyeon T-Ara (gambar dibawah), Yoona SNSD, UEE After School, Gi Kwang B2ST, Lee Joon MBLAQ, Jung Yong Hwa C.N.Blue, Lee Hong Ki FTIsland dan masih banyak contoh lainnya.



7. Semua anggota boyband dan girlband Korea mendapatkan training
Masa training personel BB/GB itu gak singkat, ada yang 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, bahkan ada yang 6 tahun kayak GD sama Taeyang Oppa, tergantung kapan manajemen itu menilai si trainee itu udah layak buat debut aka diorbitkan jadi penyanyi. Masa trainee tersingkat personel grup idola yang pernah terdengar adalah si Kyuhyun dari Super Junior (gambar dibawah), cuma 3 bulan.



8. Rata-rata semua boyband/girlband tinggal satu rumah
Manajemen artis Korea menganggap penempatan satu grup boyband atau girlband dalam satu dorm/asrama, membuat manajer gampang mengatur jadwal mereka. Di sisi lain, dengan tinggal satu dorm, mereka dapat dengan mudah mengenal satu sama lain.



9. Banyak personel boyband/girlband Korea yang harus meninggalkan sekolah/kuliah demi karir keartisannya.
Mereka harus memilih antara impian dan kewajiban sebagai siswa. Emang kedengarannya dilematis banget, tapi itulah kehidupan! Harus mengorbankan yang satu untuk mendapatkan yang lain. Sohee Wonder Girls (gambar dibawah) salah satu contohnya, dia rela melepaskan sekolahnya demi debut Wonder Girls di Amerika. Tapi masih banyak personel grup idola ini yang masih memikirkan pendidikannya. Ada yang kemudian mengambil ujian penyetaraan dan melanjutkan ke universitas.



10. Semua Boyband dan Girlband Korea punya sebutan buat fans clubnya

Kalo di Indonesia ada Ungu Cliquers, ada ST Setia, ada Rezpector, dan lain sebagainya. Di Korea fans grup idola juga punya sebutan, dari Cassiopeia buat fans TVXQ, VIP buat fans BIGBANG, Shawol buat fans SHINee, ELF buat fans Super Junior, Hottest buat fans 2PM, SONE buat fans SNSD, Blackjack buat fans 2NE1, Wonderful buat fans Wonder Girls, dan masih banyak lagi.

Ok! sekian fakta menarik Boyband/ Girlband Korea, ada yang mau nambahin lagi? silahkan tulis di komentar ;)

via http://veromons.blogspot.com/2011/10/10-fakta-menarik-seputar-boyband-dan.html


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



23 komentar:


Anonim mengatakan...

BB n GB korea mukanya permax an semua .. ganteng tapi ga ori .... ibarat mobil ... kebanyakan dempul ... tuanya ntar kayak mendiang michael jackson ... menonjol2 ga jelas

qiqib mengatakan...

numpang baca.... nice inpo gan...

jessica vivi on 1 Juni 2012 pukul 11.14 mengatakan...

ga smua di permak. banyak juga artis2 yg cakep alami. jgn disamain dong

Anonim mengatakan...

ehm....mnurutku sbnarx itu semua mnarik tapi, ya pasti da sisi negatif.....tapi klo emang sudah menyalahi agama terutama islam ya itu memang gak baek,,,gak baek bgt malah....namun ya biarlah....pa mo dikata...tapi aku te2p suka hehe...tapi te2p...contoh yang baek2 ja,,,kyk perstasi yg merka dpt,,,dan kemampuan mereka yang gak terkalahkan ....n yang terakhir,,,mereka itu selalu profesional dalam segala hal......

Afifah on 13 Agustus 2012 pukul 16.01 mengatakan...

Yang paling salut sama GB dan BB Korea tuh, mereka bisa bertahan selama bertahun-tahun ngejalanin training yang sangat berat. Jadi karir mereka itu gan instan dan asal terkenal aja. Bener-bener berkualitas. Ditambah lagi adanya netizen yang siap jadi kritikus untuk mereka biar bisa menjadi yang lebih baik lagi.
I LOVE KPOP!!!

Anthydonghaeblinger's mengatakan...

Menurut q nggak apa2 yach. . .
Dan qt hrs liat yg skrg dan jgn m'lihat masa lalux. . .
Yg t'pnting adlh karya mereka yg hrs kt nilai

Septian Anjasmara on 6 September 2012 pukul 23.26 mengatakan...

salut buat para member di BB/GB korea.. frofesional!

Septian Anjasmara on 6 September 2012 pukul 23.27 mengatakan...

salut buat para member di BB/GB korea.. frofesional!

Anonim mengatakan...

GB/BB..
Emang gak bisa di saingin deh,,

Unknown on 11 Januari 2013 pukul 13.14 mengatakan...

hei.. nice blog!!!
I made a new blog will be written about K-POP
visit yah: http://whatskpop.blogspot.com/
Thx to follow and comment.. :hehe

Anonim mengatakan...

Maaf,,Maknae itu bukan dipilih dari management masing-masing,,,,,tetapi Maknae adalah member paling muda di group tersebut

Chlaresta Stefy mengatakan...

Apa gak capek ya klo ikut training smpe 6 tahun?tpi aku salut sama si Kyuhyun cuma 3 bulan tok.yg lain malah 1 tahun lebih

Baju Korea on 20 Juni 2013 pukul 10.10 mengatakan...

baru tau beberapa fakta boyband korea diatas, bener semua sih...

kirana clara mengatakan...

Setuju!!! Maknae member yg paling mudah dlm grup, bukan yg di pilih........

Baju Korea Rajut on 17 Juni 2014 pukul 14.57 mengatakan...

Hmmmm, pantas saja yah boyband/girlband asal Korea diminati dan dikagumi di seluruh dunia. Begini toh cara mereka menaklukkan dunia. :)

Unknown on 23 Februari 2015 pukul 06.51 mengatakan...

Maaf, gak semua Band Korea itu oplas. sebut saja FT.ISLAND. FT.ISLAND memang K-Pop Idol dan mereka Band Rock asal Korea. Wajah dari ke 5 membernya asli ganteng sejak balita, kanak-kanak, Remaja ampe sekarang. Mereka gak memerlukan Operasi. Bahkan Dokter Operasi Plastik pun menyarankan gak ada yang perlu dirubah karna memang udah ganteng dari sana-nya. sekian

Unknown on 25 April 2015 pukul 19.30 mengatakan...

Iya... yg positifnya dari Mereka diserap.. yg negatifnya yaudah dibuang aja... ngak ada manusia yg sempurna,, meraih impian emang harus kerja keras kayak mereka,,, salut deh sama artis korea...

Beatrice Clothing on 9 Juli 2016 pukul 07.24 mengatakan...

Keren banget. Salut sm artis korea

Beatrice on 23 Oktober 2016 pukul 06.11 mengatakan...

Keren bgt infonya. Thank you for sharing

Anonim mengatakan...

mantab nie kayak orang-orang nya keren.

duawanita

TOKO OBAT on 8 Juli 2017 pukul 11.26 mengatakan...

JUAL OBAT Obat Cytotec Asli
MANJUR UNTUK USIA 1-7 BULAN.
Obat Penggugur Kandungan YANG KAMI JUAL RESMI DARI RUMAH SAKIT, JADI ANDA TIDAK PERLU RAGU LAGI UNTUK ORDER OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN YANG KAMI JUAL KARENA BERGARANSI DAN DIJAMIN 100% TUNTAS TANPA HARUS KURET LAGI.

HP/WA:081318384141
BBM: D6995375
WEBSITE: http://cytotecasli.net/











Unknown on 27 April 2018 pukul 07.48 mengatakan...

obat penggugur janin
obat penggugur kandungan
obat aborsi
obat aborsi gynaecosid
obat telat bulan
cara menggugurkan kandungan
bukti pengiriman
cara pemesanan obat aborsi
testimoni obat aborsi

BELAJAR BAHASA on 12 Juli 2018 pukul 14.59 mengatakan...

Boyband dan girlband Korea sangat diminati di Indonesia

Posting Komentar

 

Arsip Blog

free counters

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved