Rahasia Kekuatan Kopi Indonesia

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini

KOPI Indonesia telah digemari masyarakat dunia. Khususnya, kopi-kopi asli Indonesia seperti kopi Toraja, kopi Sumatera, dan Java Kopi.
Faktor rasa serta bentuk yang masih alami membuat kopi Indonesia semakin digandrungi negara asing, seperti Asia, Eropa, hingga Amerika Selatan.

Bila Anda ingin mengetahui kekuatan kopi khas Indonesia, yuk simak pemaparan dari Pranoto Soenarto selaku Wakil Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Bidang Spesialis dan Industri Kopi dalam “Bedah Kopi bersama Excelso” di Grand Indonesia, Sudirman, Jakarta, Selasa (28/9/2011).

Bentuk Kopi
Kalau berbicara bentuk kopi Sumatera, Java Kopi, serta kopi Toraja memiliki bentuk yang sama dari segi biji kopinya. Karena sama-sama memiliki jenis kopi yang sama, yaitu Arabika.

Aroma
Kendati memiliki biji kopi yang sama, yaitu jenis Arabika, namun aroma yang keluar terasa berbeda. Itu bisa dilihat dari bentuk kopi yang sudah tumbuh, warna dari ketiganya pun sama.
Namun aroma Java Kopi lebih soft, sedangkan kopi Sumatera mengeluarkan aroma yang lebih tajam, sementara kopi Toraja memiliki aroma yang sangat tajam.

Crema
Untuk mengetahui jenis kopi yang bagus, Anda dapat melihat crema-nya. Crema adalah bentuk busa yang keluar dari kopi setelah diberikan air panas, namun kopi tersebut belum diaduk merata.
Karena ketiga kopi tersebut berjenis Arabika, maka crema yang dihasilkan akan lebih sedikit dibandingkan kopi jenis Robusta.

Rasa
Bicara soal rasa, Java Kopi memiliki rasa yang lebih soft. Meskipun kopi memiliki kadar asam, namun rasa di Java Kopi tidak terasa daripada kopi Sumatera yang memiliki rasa tajam dan kuat.
Namun rasa tajam yang dimiliki kopi Sumatera tidak setajam kopi Toraja, yang memiliki aroma sangat kuat. Sehingga ketika diminum hingga tenggorokan, aroma pahitnya tersebut sangat terasa.

via http://kuliner.us/rahasia-kekuatan-kopi-indonesia/


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



1 komentar:


Coffee Machine (Mesin Kopi) on 20 Oktober 2015 pukul 12.00 mengatakan...

Saya suka dengan kopi Indonesia itu karena aroma yang dihasilkan. Wangi dan merangsang indra penciuman saya. Kalau sudah meminumnya rasanya ingin meminumnya lagi dan lagi. Apalagi kopi arabika hahaha kopi juga sudah gampang dibuatnya, cukup dengan menggunakan coffee machine, kita sudah bisa mendapatkan 1 cangkir kopi hitam nikmat untuk memulai hari :D

Posting Komentar

 

Arsip Blog

free counters

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved