Panduan: Pilih Android atau iPhone ya?

berminat untuk pasang iklan diblog kami, klik pesan ini


Apa ada diantara VeroHolic yang berencana membeli smartphone baru antara iPhone atau android? sebelum membeli ada baiknya Kamu baca panduan ini sebagai bahan pertimbangan ;)


Kemudahan dalam Penggunaan

Android sudah melewati masa-masa sulit selama pembentukan OS Android dalam waktu yang relatif singkat.  Tetapi dari segi kemudahan penggunaan, iOS masih lebih unggul, pengguna baru tidak dipusingkan dengan banyaknya tombol operasional, cukup 1 home 'button' dan sisanya dilakukan dengan menyentuh layar iPhone.

Sementara pada Android devices, terdapat sedikitnya 4 button dengan fungsi-fungsi yang bervariasi.  Pada saat kita masuk ke menu utama, kita akan disajikan beberapa screen dengan berbagai cara yang berbeda dalam menggunakannya.



Keterbukaan Platform

Meskipun OS Android menganut system 'open source', ada beberapa hal lagi yang lebih penting, misalnya, kita bebas untuk memilih dan menginstall aplikasi-aplikasi yang tersedia, baik itu lewat Android Market atau dari sumber diluarnya.  Berbanding terbalik dengan iOS, yang lebih ketat dalam mengijinkan aplikas-aplikasi yang hendak diinstall dan sensor yang rapat.


Ketahanan Batre

Apple telah serius menggarap batre yang tahan lama pada devicenya terutama iPhone.  Meskipun banyak pertimbangan-pertimbangan yang layak dikedepankan dalam penilaian fitur-fitur aplikasi yang ditawarkan oleh Android, batre pada iPhone bisa merubah pandangan semua itu.


Fitur Multitasking

Menurut Apple, mereka sudah melakukan perombakan besar pada iOS dengan memberikan kemampuan multitasking pada iPhone.  Meskipun fitur yang sama pada Android OS jauh lebih sempurna, kemampuan daya tahan batre pada iPhone sekali lagi memberikan 'bargaining point' yang cukup valid kali ini. Selama bisa 'Multitasking' mengapa tidak?


Software Keyboard

Bila Kamu menanyakan tentang, keyboard mana yang lebih nyaman dipakai antara Android dan iPhone kepada pengguna yang sudah sering menggunakan ke dua macam platform ini, atau bahkan yang memiliki dua-duanya, mereka kemungkinan besar akan mengatakan "iPhone lebih enak".

Tapi sebagai hiburan, pengguna Android tidak akan pernah kehabisan opsi untuk mendapatkan custom keyboard pada device mereka.  Tapi 'out of the box' iPhone



'Search' pencarian luas System

Apple menggunakan ciri khas mereka pada 'Spotlight' yang bisa masuk ke dalam system contacts, media, email, applications, notes, dan calendar.  Android pun melakukan hal demikian, kecuali email.  Sebagai gantinya Android membenamkan fitur 'auto-suggest' web searches.


Notification System

iPhone's notification system mungkin menjadi salah satu yang terburuk di antara smartphone-smartphone lainnya.  Android memiliki fitur yang brilliant yang dapat membuat pengguna iPhone merasa handset mereka tampak sangat kuno.


Syncronise

iPhone mungkin termasuk jajaran 'standalone' device, tetapi ketergantungannya pada saat syncronise dengan aplikasi bernama iTunes membuat pengguna Android tertawa lebar. Android memiliki fitur hebat ketika syncronise secara over-the-air dengan Google Account Kamu.

Walaupun demikian, ketika Kamu bergantung pada aplikasi semacam Outlook, Address Book atau iTunes, iPhone adalah pilihan yang mudah :)



Kemampuan Tethering

Android melebihi kemampuan tethering daripada iPhone, dengan fitur menjadi 'hotspot' yang bisa memberikan jalur akses Internet sharing kepada teman-teman di dekat Kamu. iPhone bukannya tidak mungkin, hanya mengandalkan USB atau Bluetooth tethering 'out of the box', Jailbreak adalah salah satu jalan membuka opsi menjadi hotspot atau tunggu generasi iOS 4.3.


Ketersediaan Aplikasi

Kebanyakan orang mungkin kurang setuju dengan kenyataanya bahwa, meskipun aplikasi di App store lebih banyak empat kali dari yang terdapat pada Android Market, tidak sedikit aplikasi-aplikasi tersebut termasuk kategori 'sampah' atau tidak berguna.  Sementara untuk aplikasi-aplikasi yang popular, sudah dikembangkan dan tersedia untuk kedua belah pihak, iOS dan Android.

Meskipun hingga saat ini, aplikasi-aplikasi yang lebih spesifik dan banyak digunakan pengguna semacam foto editing, App store masih lebih unggul.  Kembali kepada Kamu, apakah Kamu menggunakannya?



Web Browsing

iPhone Mobile Safari berjalan mulus dan tanpa hambatan, tetapi Android, meskipun pengalaman menggunakannya tidak semulus iPhone, namun sudah mendukung Flash.


Gaming

Jumlah aplikasi game pada Android Market terus bertambah, tetapi pengalaman iOS masih belum bisa disamai.  'User Experience' pun masih memberikan keunggulan pada iOS dengan kemampuan terakhir seperti 'gyrocscope'.


Music Player

Solid music aplikasi pada iPhone. Nasib Android masih sama seperti Games, default Music apps belum mampu memberikan kepuasan kepada penggunanya.  Alternative Music aplikasi adalah jalan keluar yang bijaksana. (wheeew.. besok mungkin bakalan ada Google Music)


Customizable, themes

Kemungkinan terbesar yang dapat Kamu lakukan pada iOS adalah merubah 'wallpaper', lebih dari itu, sangat tidak mungkin bagi pengguna iOS untuk menyesuaikan tampilan iPhone mengikuti kemauan penggunanya.

Android menang secara mutlak pada area ini dengan UI bawaan pada HTC, SonyEricsson, Motorola dan Samsung dan itupun masih sangat luas kemungkinannya untuk mengcustomize sesuai keinginan pengguna.



Kesimpulannya, pilihlah smartphone sesuai untuk memenuhi kebutuhan penggunaan Kamu?

Perlu diingat bahwa perbandingan ini adalah murni dari pemakaian individu si penulis.  Perbedaan tiap-tiap pengguna tidak dapat dihindarkan pada akhirnya.

GoogleApps sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena kemudahannya dan tingkat fleksibilitas tinggi.  Sementara iOS masih memiliki kesempatan menggunakan sebagian dari kenikmatan GoogleApps meskipun tidak maksimal.


Juga, keberanekaragaman merk dan tipe dari Android device bisa kadang membingungkan bagi pengguna untuk memilih.  Dimulai dari perbedaan hardware, otomatis, tingkat kenyamanannya pun akan berbeda-beda dari tiap-tiap Android device.


Ok! semoga bermanfaat yaa :)


Penulis: @jakontil
via http://gadget.gopego.com/full/2011/01/guide-antara-android-dan-iphone-pilih-mana


Dapatkan berita-berita terbaru kami di
twitter | facebook | RSS feeds | versi mobile

-----Nostalgia 90an yuk di blognya rayi-----


Artikel Menarik Lainnya



1 komentar:


Lisa Thalia on 19 Januari 2015 19.36 mengatakan...

Bagi saya iphone belum unggul , ini bagi saya

Poskan Komentar

 

Arsip Blog

keripiku blog © 2008 - 2009 this design by Rayi | All Rights Reserved